Wednesday, May 29, 2019

Ini Belakang Layar Kelezatan Telur Asin Brebes Yang Gurih, Masir Dan Berminyak

Foto: dok.detikFood/IstimewaFoto: dok.detikFood/Istimewa

Jakarta - Sudah bukan diam-diam lagi jikalau Brebes dikenal mempunyai telur asin yang enak. Ternyata ada beberapa diam-diam yang menciptakan telur asin ini begitu gurih dan bikin nagih.

Bahan baku telur angsa yang dipakai untuk menciptakan telur asin ini bukan sembarang telur bebek. Masyarakat mendapat pasokan telur angsa yang diperoleh dari peternakan di daerah Brebes.

Bebek-bebek di Brebes diberi pakan kerang bahari dan bekatul, inilah yang menciptakan hasil telurnya lebih gurih. Selain materi bakunya, proses pembuatan telur asin ini juga dilakukan secara tradisional dengan resep turun temurun.
Ini Rahasia Kelezatan Telur Asin Brebes yang Gurih, Masir dan BerminyakFoto: Imam Suripto/detikcom

Baca juga : Lebih Baik Mana, Telur Rebus Bebek Biasa atau Telur Asin?

Telur asin Brebes populer dengan rasanya yang asin gurih dan tidak amis. Tekstur kuning telurnya padat masir dan berbulir sementara bab putihnya lembut.

Kelebihan lainnya yakni telur asin Brebes tidak mempunyai busuk bau yang menyengat. Hal ini yang menciptakan telur asin menjadi camilan sekaligus buah tangan buruan kala orang melintas di Brebes.

Selain telur asin original, di Brebes sekarang juga banyaj dijajakan telur asin asap dan telur asin bakar. Kedua varian gres telur asin ini juga tak kalah diburu masyarakat.

Di sepanjang jalan Brebes hampir ada penjual telur asin tapi jangan asal sembarangan membeli. Karena tidak semua penjual memperlihatkan telur asin yang berkualitas. Berikut beberapa tips menentukan telur asin.

1. Pilih yang higienis dan berwarna biru cerah
Sebelum membeli telur asin, pilih telur yang berwarna biru cerah dengan permukaan kulit bersih. Warna biru cerah membuktikan jikalau telur masih dalam keadaan segar dan gres dibuat.

Hindari membeli telur asin dengan warna kusam atau berbintik kehitaman. Bintik ini yaitu jamur yang tumbuh alasannya telur asin terlalu usang disimpan.

2. Memiliki bobot yang berat
Mirip menyerupai telur segar, telur asin yang manis mempunyai bobot yang berat. Coba rasakan berat telur dengan tangan, jikalau telur terasa enteng sebaiknya jangan dibeli.

3. Lihat bab dalam dan cicipi
Ini Rahasia Kelezatan Telur Asin Brebes yang Gurih, Masir dan BerminyakFoto: Imam Suripto

Untuk lebih meyakinkan, coba minta penjualnya membelah telur asin. Telur asin yang berkualitas mempunyai bab putih yang higienis dan cerah. Sementara bab kuning telurnya terlihat berwarna oranye cerah dengan sedikit minyak.

Soal rasa, telur asin yang enak pastinya mempunyai rasa asin yang gurih dan tidak terlalu menyengat. Cara paling gampang menilai kualitas telur asin yakni dengan mencicipnya. Selamat berbelanja telur asin!

Baca juga : Memiliki Rasa Asin, Ini Saran Ahli Gizi dalam Konsumsi Telur Asin

Artikel Terkait

Ini Belakang Layar Kelezatan Telur Asin Brebes Yang Gurih, Masir Dan Berminyak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email