Tuesday, May 28, 2019

Chui Kao So, Masakan Ringan Bagus Kering Hits Lebaran Yang Simpel Dibuat

Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Mau bikin camilan anggun kering yummy dan mudah untuk Lebaran? Chui kao so dapat jadi pilihan. Kue asal China ini teksturnya garing dengan rasa gurih seakan-akan kacang.

Ada banyak inspirasi kreasi camilan anggun kering jelang hari raya. Salah satu yang tengah hits di media umum yaitu chui kao so. Kue kering ini aslinya dari negeri China. Dihubungi detikFood (28/5), Chef Thomaz Law dari Law's Kitchen menjadi penggagas tren chui kao so di Indonesia.

Soal sejarah, Chef Thomaz menceritakan chui kao so awalnya ada dalam program sangjit yaitu prosesi lamaran orang suku Kong Hu (suku orisinil orang Hong Kong). "Dalam prosesi sangjit tersebut, ada seserahan box yang berisi 4 jenis kue, nah salah satunya yaitu si chui kao so ini," tutur Chef Thomaz.

Ia juga sempat menjelaskan soal arti kata chui kao so. "脆Cui = crispy, 烤Kao = sesuatu yg dipanggang / bake, 烧Shao = bake," terperinci chef ramah ini.

Chui Kao So, Kue Kering Hits Idulfitri yang Gampang DibuatFoto: Instagram lawthomaz

Baca Juga: Law's Kitchen: Lembut Harum Marmer Cake dan Bolu Jadul Buatan 'The King of Marmer Cake'

Ciri khas kue kering yang terkenal di Medan ini ada pada teksturnya yang garing dan renyah seakan-akan camilan anggun emping. Chui kao so juga menghadirkan rasa kacang padahal tidak dibentuk dengan kacang ataupun emping. "Ini yang bikin banyak orang jadi penasaran," lanjut Chef Thomaz.

Ia menyebut ada penggunaan adonan minyak goreng atau minyak sayur dalam adonan chui kao so. Chef Thomaz menerangkan, "Kalau di China aslinya pakai minyak B2."

Senada dengan Chef Thomaz, pastry chef Yongki Gunawan menyampaikan materi kunci camilan anggun kering ini ialah minyak sayur. "Lemaknya itu dari minyak sayur akibatnya kress, renyah," kata Chef Yongki. Sementara untuk toppingnya, ia menambahkan wijen.

Chui Kao So, Kue Kering Hits Idulfitri yang Gampang DibuatFoto: dok. detikFood

Kreasi chui kao so juga ramai di Instagram. Penelusuran tagar #chuikaoso menghasilkan banyak unggahan foto chui kao so kreasi netizen. Salah satu resep terpopuler yaitu buatan Riyas Irmadona. Ia membagikan resep camilan anggun kering ini di Instagram dan YouTube pribadinya.

Baca Juga: Tips Bikin Nastar, Kastengel, sampai Putri Salju Enak dari Pastry Chef Senior

Bahan yang dipakai antara lain tepung terigu, gula pasir, minyak sayur, kuning telur, mentega, baking powder, soda kue, garam, air, dan wijen untuk taburan. Khusus gula pasir, Riyas mengatakan, "Gula pasir dapat berangasan atau halus. Kalau kasar, tekstur gulanya menciptakan camilan anggun krenyes, krenyes. Enak juga."

Chui Kao So, Kue Kering Hits Idulfitri yang Gampang DibuatFoto: Instagram riyasirmadon

Untuk membuatnya, bahan-bahan tersebut dicampurkan sampai rata dan dapat dipulung. Adonan kemudian dipipihkan, dioles kuning telur, dan ditaburi wijen. Terakhir chui kao so dipanggang 15-17 menit di panggangan bersuhu 175 C memakai api atas bawah. Kue kering ini pun siap disantap.

Kalau mau beli, Chef Thomaz menjualnya di Laws Kitchen. Satu kotak chui kao so ukuran reguler dibanderol Rp 110.000, sementara per stoples mini chui kao so harganya Rp 130.000.

Artikel Terkait

Chui Kao So, Masakan Ringan Bagus Kering Hits Lebaran Yang Simpel Dibuat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email