Wednesday, May 22, 2019

Cara Menciptakan Kastengels Renyah Dan Gurih

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Kue kering dengan paduan keju ini banyak disukai pecinta rasa gurih. Agar abadi dan renyah, begini cara menciptakan kastengels renyah.

Meski banyak yang menyebutnya kastengel. Namun, bahasa Belandanya yaitu Kaasstengels. Kaas berarti keju dan Stengel yaitu batang. Bentuknya menyerupai dengan jari telunjuk dengan ukuran panjang kurang lebih sekitar 3-4 cm.

Chef Pastry senior Yongki Gunawan mengatakan, untuk mendapat tekstur kastengel yang renyah tentu terigunya harus diperhatikan. "Tepung terigu yang kita gunakan harus terigu protein sedang. Terigunya kita kukus dan sangrai. Ini akan menjadikan kuenya renyah sekali, hingga berapa hari pun ia tidak rusak. Dan jangan takut sebab tepung sudah matang," ujarnya.

Cara Membuat Kastengels Renyah dan GurihFoto: iStock

Tepung terigunya dikukus setengah jam dan disangrai hingga kering. Proses pembuatan kastengel juga sangat mudah. Kocok jadi satu butter, gula dan telur. "Agar lebih bagus, butter dapat dimasukkan dulu ke dalam lemari pendingin dan kocok dengan memakai mikser hingga putih," Yongki memperlihatkan tips.

Baca juga: Cara Membuat Nastar Mulus Tanpa Retak-retak Halus

Matikan mikser dan masukkan tepung terigu dan aduk dengan garpu. "Ketika tepung sudah masuk, dihentikan diaduk dengan mikser. Kalau pakai mixer jadinya akan keras. Cukup aduk dengan garpu hingga dapat dipulung," terang Yongki.

Kue kering menyerupai kastengel ini tidak mempunyai ukuran yang sempurna untuk terigunya. Sehingga jikalau belum dapat dipulung, Anda dapat menambahkan terigu.

Cara Membuat Kastengels Renyah dan GurihFoto: iStock

Setelah itu potong gabungan dan dipoles dengan kuning telur. Diberi taburan keju dan supaya jadinya renyah dan crunchy, gabungan makanan ringan manis dipanggang dengan suhu 120 derajat celcius sekitar 15-20 menit.

Keluarkan dari panggangan dan biarkan hingga dingin. Panggang lagi selama 20 menit dengan suhu yang sama. Hasilnya pun akan benar-benar renyah!

Kastengel dapat dibentuk dengan aneka macam rasa. Mulai dari BBQ, smoked beef hingga emping. "Smoked beef jangan dipotong segar. Dipotong kecil dan panaskan hingga kering," pungkasnya.

Baca juga: Bentuk Nastar Unik, Bentuk Burger hingga Buah Manggis

Artikel Terkait

Cara Menciptakan Kastengels Renyah Dan Gurih
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email