Tuesday, May 7, 2019

6 Trik Sederhana Yang Bikin Masak Untuk Puasa Lebih Praktis

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Memasak untuk hidangan puasa kerap habiskan waktu lama. Agar memangkas waktu, coba praktikkan tips sederhana namun penting ini.

Memasak merupakan kegiatan yang selalu dilakukan sehari-hari. Terlebih dalam bulan ampunan ini, orang selalu memasak kuliner yang lebih istimewa dibanding bulan-bulan biasanya. Hal ini tentu membutuhkan lebih banyak waktu di dapur. Namun banyak sekali acara di dapur sanggup kita minimalisir dengan banyak sekali trik biar mempunyai banyak waktu untuk beribadah.

Katie Workman, penulis dari Japan Today, merangkum beberapa trik yang sanggup Anda manfaatkan dalam bermacam-macam kegiatan di dapur yang didapat melalui pengalamannya selama berkutat dalam bidang kuliner.

Baca juga: Agar Tak Kelamaan di Dapur Saat Masak, Lakukan 10 Trik Mudah Ini

6 Trik Sederhana yang Bikin Masak untuk Puasa Lebih PraktisFoto: iStock

1. Cara Mematangkan Alpukat Dengan Cepat
Alpukat sering dijadikan isian es campur atau dibentuk es alpukat kocok. Jika Anda mempunyai alpukat yang belum matang namun ingin menyajikannya ketika sahur atau berbuka puasa esok hari, gunakanlah cara ini. Masukkan alpukat dalam kantung kertas cokelat atau paper bag bersama pisang atau apel. Kemudian lipat ujungnya dan tutup rapat. Senyawa ethylene yang bersumber dari pisang atau apel akan menciptakan alpukat matang lebih cepat secara alami. Proses ini membutuhkan waktu yang bergantung pada seberapa tingkat kematangan alpukat Anda.

2. Cara Mudah Mengiris Bawang Putih
Saat memasak sajian dengan irisan bawang putih di dalamnya, tentu irisan yang tebal dan terasa belum matang sangat tidak diinginkan. Agar bawang putih teriris sempurna, pertama-tama memarkan bawang putih dengan sisi pisau kemudian singkirkan kulitnya. Lalu mulailah mengiris bawang putih diatas papan talenan. Saat diiris, tambahkanlah satu cubit garam kosher atau garam laut, dan lanjutkan pengirisan. Garam yang bertekstur bergairah akan menciptakan irisan lebih halus dan semakin halus. Sesekali, tekanlah irisan dengan sisi pisau dan garam akan hancur dan turut meleburkan bawang putih.

6 Trik Sederhana yang Bikin Masak untuk Puasa Lebih PraktisFoto: iStock

3. Cara Membuat Buttermilk
Ketika menciptakan resep camilan elok atau kuliner untuk sahur yang membutuhkan butter namun tidak ada persediaan butter Anda sanggup memakai metode ini. Buatlah buttermilk sendiri dengan memasukan 1 sendok teh air lemon atau cuka putih ke dalam gelas takar, kemudian tambahkan susu sampai cangkir penuh. Anda sanggup memakai susu murni atau susu biasa. Jangan khawatir jikalau adonan materi mulai mengental, sebab tidak akan menghipnotis hasil akhirnya. Setelah didiaman beberapa saat, susu akan berubah konsistensi menyerupai butter. Hasilnya memang tidak akan sepadat butter yang dibeli jadi, namun keasaman dalam susu akan menawarkan fungsi melembutkan yang sama.

Baca juga: Harga Bawang Putih Meroket Tajam, Hindari 8 Kesalahan Ini Saat Mengolahnya

4. Cara Mengupas Jahe dengan Sendok
Kulit jahe cukup tipis untuk dikerik dengan sebuah sendok. Bahkan lebih gampang memakai sendok untuk mengupasnya dibanding memakai pengupas sayur. Karena sendok sanggup menjangkau selah-selah lekukan jahe dan lebih gampang di kendalikan dengan gerakaan tangan. Saat proses memasak dengan cara ini, Anda sanggup mengajak anak untuk membantu sembari menunggu waktu berbuka sebab tidak melibatkan benda tajam.

6 Trik Sederhana yang Bikin Masak untuk Puasa Lebih PraktisFoto: istimewa

5. Cara Melembutkan Gula Merah
Jika masih banyak waktu sebelum memakai gula merah, Anda sanggup melembutkan gula dengan derma sehelai roti. Caranya, masukkan gula merah kedalam wadah dengan satu helai roti dan tutup rapat. Dalam satu atau dua hari, gula merah akan menjadi lembut. Namun jikalau Anda ingin segera menggunakannya, letakan gula merah dalam mangkuk, kemudian letakan tisu dapur yang telah dibasahi. Kemudian tutup mangkuk dengan piring dan masukan dalam microwave selama 20 detik. Periksa apakah gula sudah melunak. Jika belum, lanjutkan proses pemanasan selama 20 detik lagi sampai gula menjadi lembut. Segera gunakan gula biar kelembutan tetap bertahan. Jika ingin menyimpannya kembali, pastikan menyimpannya dalam wadah bersama dengan sehelai roti.

6. Cara Mengeluarkan Bahan Lengket dari Gelas Takar
Bahan-bahan dengan konsistensi yang lengket dan padat menyerupai madu, gula cair, atau sirup jagung, memang sangat sulit untuk dikeluarkan dari gelas atau sendok takar. Ketika dimasukan ke penakar kemudian dituang ke mangkuk, materi justru melekat di dosis dan tidak masuk sepenuhnya ke dalam mangkuk. Hal ini sanggup mengakibatkan materi yang masuk ke adonan tidak sesuai jumlahnya dengan yang telah ditakar. Cara paling gampang menghindarinya ialah dengan cooking spray. Semprotkan gelas takar dengan cooking spray sebelum digunakan, maka bahan-bahan lengket akan dengan gampang dituangkan. Jika tidak ada cooking spray, Anda sanggup mensisatinya dengan olesan minyak sayur yang sedikit namun rata. Dengan begitu, proses pembersihanpun juga menjadi lebih mudah.

Baca juga: Agar Dapur Tetap Bersih, Begini Cara Kourtney Kardashian Simpan Bahan Makanan


6 Trik Sederhana yang Bikin Masak untuk Puasa Lebih Praktis

Artikel Terkait

6 Trik Sederhana Yang Bikin Masak Untuk Puasa Lebih Praktis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email