Wednesday, April 10, 2019

Menu Kuliner Favorit Para Ibu Negara, Dari Ibu Tien Sampai Iriana Jokowi

Foto: Bagus Prihantoro NugrohoFoto: Bagus Prihantoro Nugroho

Jakarta - Ibu negara turut aktif dalam banyak sekali acara kenegaraan. Disela-sela kesibukannya, para ibu negara di Indonesia punya banyak kuliner favorit andalan.

Selain menemani presiden ketika bertugas, ibu negara juga berperan aktif untuk membantu tugas-tugas kenegaraan. Di Indonesia, terhitung ada 7 ibu negara yang pernah menjabat.

Mulai dari Fatmawati, Ibu Tien, sampai Iriana Jokowi semuanya punya kuliner favorit yang tidak dapat mereka tinggalkan, dan digemari oleh para presiden.

Baca Juga: Ketika Makanan Kaprikornus Bagian Kampanye dan Diplomasi Para Politisi


1. Ibu Fatmawati

Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien sampai Iriana JokowiFoto: Istimewa
Ibu Fatmawati merupakan ibu negara pertama di Indonesia, ia merupakan istri dari Presiden Soekarno. Wanita kelahiran orisinil Bengkulu ini, dikenal pandai menjahit dan memasak.

Makanan kesukaannya tak jauh dari hidangan khas Bengkulu. Salah satu kuliner yang digemarinya, dan pandai dibuatnya ada Bagar Hiu dan Ikan Pais. Bagar hiu sendiri bentuknya hampir ibarat dengan rendang, tapi daging sapi diganti dengan daging ikan hiu. Makanan ini juga jadi salah satu sajian favorit Soekarno.


2. Ibu Tien

Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien sampai Iriana JokowiFoto: Grandyos Zafna
Raden Ayu Siti Hartinah atau bersahabat disapa Ibu Tien, merupakan ibu negara kedua di Indonesia. Sekaligus ibu negara dengan masa jabatan terpanjang. Berasal dari Surakarta, Ibu Tien merupakan seorang aristokrat yang pandai memasak.

Semasa hidupnya, Presiden RI kedua, Soeharto selalu memuji kuliner Ibu Tien. Salah satu sajian kuliner andalan Ibu Tien ada sambal teri, sayur lodeh, ikan bakar, belut goreng, sampai kering tempe. Bahkan sering Ibu Tien menyiapkan bekal untuk Pak Harto.


3. Ibu Ainun

Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien sampai Iriana JokowiFoto: Istimewa
Hasri Ainun Besari atau bersahabat disapa Ibu Ainun, merupakan ibu negara ketiga, yang menggantikan posisi Ibu Tien di tahun 1998. Meski masa jabatannya cukup singkat, tapi Ibu Ainun merupakan sosok yang dikenang sampai dikala ini.

Menurut penuturan dari Presiden RI ketiga, BJ Habibie, sang isrti dan dirinya merupakan penggemar berat hidangan ikan. Sehingga mendiang Ibu Ainun sering memasak ikan goreng, atau ikan bakar. Dengan cara menggabungkan resep kuliner ikan dari Bugis, dan Jawa.


4. Ibu Sinta Wahid

Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien sampai Iriana JokowiFoto: Istimewa

Sinta Nuriyah Wahid merupakan istri dari Presiden RI Keempat, Abdurrahman Wahid atau bersahabat disapa Gus Dur. Sinta menjabat sebagai ibu negara dari tahun 1999 sampai 2001.

Sama ibarat ibu negara lainnya, Sinta pandai memasak hidangan tradisional. Salah satunya ada tempe mendoan. Tempe mendoan ini merupakan kuliner yang selalu disajikan Sinta, jikalau orang-orang berkunjung ke kediaman Gus Dur. Baginya hidangan tempe mendoan, merupakan kuliner rakyat yang enak.


5. Taufik Kemas

Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien sampai Iriana JokowiFoto: Istimewa

Di barisan para ibu negara, ada bapak negara, ialah mendiang Taufiq Kiemas yang menjadi suami dari Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri. Menurut penuturan dari sang istri, semasa hidupnya Taufik ternyata penggemar kuliner sehat.

Bahkan Megawati pernah diajak untuk mengikuti teladan makan vegetarian bersama sang suami. Selain itu meski keduanya sama-sama sibuk, rupanya Taufik sering mengajak Megawati untuk makan malam romantis di restoran.


6. Ibu Ani Yudhoyono

Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien sampai Iriana JokowiFoto: Istimewa
Ibu Ani Yudhoyono merupakan istri dari Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menjabat sebagai ibu negara selama 10 tahun, Ibu Ani kerap membagikan momen kebersamaannya dengan keluarga lewat akun media umum miliknya.

Salah satunya ketika ia sedang masak di rumah. Ia paling handal menciptakan sambal bawang, sebagai sajian komplemen makan siang bersama keluarga. Selain itu Ibu Ani juga sering buat rujak bersama SBY.


7. Ibu Iriana

Menu Masakan Favorit Para Ibu Negara, dari Ibu Tien sampai Iriana JokowiFoto: Bagus Prihantoro Nugroho
Ibu Negara Iriana Jokowi, punya kepribadian yang sederhana ketika menemani Presiden Jokowi bertugas semenjak tahun 2014 lalu. Wanita berusia 55 tahun ini, ternyata sering memasak untuk anak-anaknya.

Menurut putra bungsunga, Kaesang Pangarep. Iriana paling sering menciptakan sayur asem, uniknya sayur asemnya ini dinilai berbeda. Kaesang sendiri tidak mau membeberkan resep belakang layar sayur asem milik sang ibu.

Baca Juga: Enak dan Murah, Warteg Kaprikornus Tempat Jokowi sampai Anies Baswedan Makan Siang

Artikel Terkait

Menu Kuliner Favorit Para Ibu Negara, Dari Ibu Tien Sampai Iriana Jokowi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email