Monday, April 29, 2019

Cicip Sashimi Khusus Untuk Raja Tapanuli Di Atas Bulu Babi

Foto: Mustiana Lestari/detikcomFoto: Mustiana Lestari/detikcom

Ubud - Kuliner kerajaan di Indonesia masih belum banyak terekspos dan diketahui masyarakat, salah satunya yaitu Naniura.

Naniura yaitu ikan mas mentah yang disajikan dengan bumbu naniura.

"Otentiknya itu pakai ikan mas dan dengan bumbu dari lada andaliman, bawang merah, bawang putih, galangal, kecombrang dimakan sama ikan mentah," kata Chef Adhitia Julisiandi dari chef de cuisine di Ubud Food Festival presented by ABC, Minggu (27/4/2019).

Chef Adhit menyampaikan meski dulu menjadi makanan pribadi untuk raja Tapanuli namun seiring perkembangan zaman, makanan tersebut dapat disantap rakyat jelata, bahkan dikreasikan dan dimodifikasi dengan materi lain.


Salah satu kreasi disajikan Chef Adhit dengan mengganti ikan mas jadi salmon, bunga kecombrang rebus jadi granita/es, serta erchin untuk memperkuat rasa ikan.

"Saya juga pakai limo itu untuk keasaman. Keasamananya perfect buat ikan kenapa musti pakai limo? semoga ada keasamannya yang diperluin buat makan ikan karna kalau ga, basil bakal berkembang," tambah Chef Adhit yang bekerja di Hotel Four Season Jakarta ini.

Chef Adhit juga tetap memakai lada andaliman yang merupakan lada khas Sumatera dengan tingkat pedas yang meninggalkan after taste rasa pahit.

"Kita juga pakai acar alasannya yaitu aku mau ada kombinasi semuanya, ada dingin, ada gurih manis, asam, kombinasi perfect jadi kresnya juga ada dari kulit salmon yang digoreng jadi gak lembut aja tapi ada garingnya," lanjut Chef Adhit.

Cicip 'Sashimi' Khusus untuk Raja Tapanuli di Atas Bulu BabiFoto: Mustiana Lestari/detikcom

Resep yang dinamai The New Modern Naniura ini pertanda bahwa Indonesia memiliki makanan berkelas menyerupai sashimi.

"Masakan ini jadi favorit alasannya yaitu unik. Orang itu kan tahunya ikan mentah ada di Jepang padahal Indoensa kayak kita punya juga sashimi yang belum diekspos kemana-mana," lanjut dia.

Sebagai informasi untuk resep naniura versi Chef Adhit tergolong mudah. Dengan mencampurkan aneka macam kombinasi bahan. Untuk bumbu menyerupai bawang merah, bawang putih digoreng dan dihaluskan bersama kunyit dan lada. Kemudian ditumis. Sementara bunga kecombrang direbus kemudian digranita.


Lalu materi utama berupa tuna diberi bumbu dan daun bawang. Jangan lupa ditambahkan garam, limo dan jeruk nipis Lalu digulung di dalam plastik dan didiamkan selama 5 hingga 10 menit di dalam kulkas.

Jika sudah bentuk padat dan shapenya manis dipotong kecil-kecil disajikan di atas bulu babi. Jangan lupa ditambahkan acar, caviar, keripik kulit salmon dan suplemen sajian lainnya lainnya. Naniura pun siap disantap. Praktis bukan?

Artikel Terkait

Cicip Sashimi Khusus Untuk Raja Tapanuli Di Atas Bulu Babi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email