Thursday, March 7, 2019

Resep Ayam Kecap Yang Meresap Bumbunya Dan Gurih Enak

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Ayam kecap jadi hidangan ayam paling disukai anak-anak. Karena rasanya legit dengan bumbu yang meresap. Yuk, intip belakang layar bikin ayam kecap enak!

Disebut ayam kecap sebab ayam dibumbui dengan kecap elok yang pekat legit sehingga warnanya kecokelatan. Ayam kecap ini merupakan pembiasaan dari makanan China. Di Singapura ayam kecap ini disebut sebagai Ayam Siauw yang menggunakan paduan jamur hioko dan cabe. Rasanya elok sedikit pedas.

Untuk menciptakan ayam kecap yang enak, tidak sulit dan proses pembuatannya tak terlalu lama. Selain itu ayam kecap juga dapat disimpan untuk beberapa hari dalam lemari es. Mau bikin ayam kecap yang enak? Yuk, perhatikan tips penting ini, dari pemilihan ayam sampai penyimpannya.



1. Ayam segar

Resep Ayam Kecap yang Meresap Bumbunya dan Gurih EnakFoto: iStock

Bahan utama ayam kecap ini yaitu ayam segar. Bisa menggunakan ayam kampung, ayam buras atau ayam negeri. Jika menggunakan ayam kampung akan memakan waktu sedikit usang dalam proses pemasakan ayam kecap. Karena dagingnya lebih liat.

Siapkan 1 ekor ayam negeri yang segar dengan berat sekitar 800 gram - 900 gram. Iris-iris ayam menjadi 8 atau 12 bagian. Cuci higienis dan tiriskan sampai kering. Jika suka dapat ditambahkan hati dan ampela ayam.

2. Bumbu

Resep Ayam Kecap yang Meresap Bumbunya dan Gurih EnakFoto: iStock

Sebagai bumbunya siapkan 5 siung bawang putih, 7 butir bawang merah, 1/2 sdt lada butiran, 1.2 cm jahe, 2 sdt garam dan 200 ml kecap manis, 3 sdm saus tiram serta 1 batang daun bawang. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada dan garam. Lalu iris garang bawang daun.

3. Tumis bumbu dan ayam

Resep Ayam Kecap yang Meresap Bumbunya dan Gurih EnakFoto: Istimewa

Panaskan 3 sdm minyak sayur, tumis bumbu halus sampai harum dan berbutir halus. Masukkan potongan ayam. Aduk-aduk potongan ayam sampai berubah warna putih dan kaku.

Tambahkan kecap elok dan saus tiram kemudian aduk sampai rata. Tuangi 500 ml air dan masak dengan api sedang sampai mendidih dan kuah menyusut.

4. Penyajian dan penyimpanan

Resep Ayam Kecap yang Meresap Bumbunya dan Gurih EnakFoto: Istimewa

Setelah kuah menyusut dan agak kental, masukkan daun bawang kemudian aduk aebentar sampai layu. Angkat ayam kecap dan siap disajikan. Jika akan disimpan sebagian, dinginkan ayam kecap kemudian taruh dalam wadah bertutup. Taruh dalam lemari es, ayam kecap dapat disimpan 2-3 hari.

Saat akan disajikan dapat dihangatkan dengan cara dikukus. Atau panaskan dalam wajan, beri sedikit air, didihkan sampai seluruh ayam matang.

Artikel Terkait

Resep Ayam Kecap Yang Meresap Bumbunya Dan Gurih Enak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email