Monday, March 18, 2019

Mumpung Ayam Murah, Bikin Bekal Bola Ayam Renyah Ini

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Daging ayam sedang turun harganya. Sumber protein yang praktis diolah ini dapat dibentuk bola ayam goreng yang renyah untuk bekal.

Sudah punya hidangan buat bekal besok pagi? Olahan ayam niscaya disukai anak dan keluarga. Membuatnya juga mudah. Seperti Bola Ayam Renyah yang gurih enak.

Untuk menciptakan Bola Ayam Renyah dapat digunakan fillet ayam atau daging paha atas ayam tanpa kulit dan tulang. Agar bola ayam renyah tak terlalu berminyak, jangan campurkan lemak dan kulit ayam. Sebaiknya giling atau cincang halus daging ayam sendiri biar 100% berisi daging ayam.

Berikut ini materi dan cara pengolahannya yang praktis dan praktis diikuri.


Mumpung Ayam Murah, Bikin Bekal Bola Ayam Renyah IniFoto: iStock

1. Daging ayam cincang

Gunakan daging dada ayau paha ayam tanpa lemak dan tulang serta kulit. Giling dan cincang halus sendiri. Jika membeli pilih yang premium, yang 100% daging ayam.

Siapkan 500 gram daging ayam cincang. Untuk materi lainnya, 1 sdm bawang merah goreng yang ditumbuk halus, 2 siung bawang putih, parut, 1 sdm kecap asin, 1 sdm saus tiram, 1/2 sdt minyak wijen, 2 sdm tepung roti putih kasar, 1 sdm tepung terigu, 1 butir telur ayam, 1/2 sdt merica abu dan 1 sdt garam.

2. Buat adonan
Aduk daging ayam cincang dengan materi lainnya dan aduk sampai rata. Diamkan campuran sebentar sampai menjadi lebih kalis.

Mumpung Ayam Murah, Bikin Bekal Bola Ayam Renyah IniFoto: iStock

3. Bentuk bola-bola

Bentuk campuran menjadi bola-bola ayam ukuran sedang dengan menggunakan tangan. Sisihkan. Untuk mendapat rasa yang renyah enak. Bola-bola ayam dapat eksklusif digoreng atau gulingkan dalam tepung roti sampai terlapisi rata dengan tepung roti.

Jika akan disimpan, taruh bola-bola yang sudah dilapisi tepung roti, taruh dalam wadah bertutup dan simpan dalam freezer.

Mumpung Ayam Murah, Bikin Bekal Bola Ayam Renyah IniFoto: Istimewa

4. Goreng bola-bola ayam

Goreng bola-bola ayam dalam minyak panas dan banyak sampai kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Bola-bola ayam lezat dimakan hangat dengan saus sambal atau mayonnaise.

Artikel Terkait

Mumpung Ayam Murah, Bikin Bekal Bola Ayam Renyah Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email