Wednesday, March 13, 2019

Meski Terkenal Di Dunia Spaghetti Bolognese Bukan Orisinil Italia

Foto: iStock/IndependentFoto: iStock/Independent

Jakarta - Wali Kota Bologna, Italia buat kampanye gres di medsos terkait spaghetti bolognese. Spaghetti yang sudah populer di dunia itu ternyata bukan berasal dari Italia.

Bicara soal pasta, spaghetti bolognese niscaya tidak abnormal di telinga. Pasta dengan siraman saus daging sapi cincang itu selalu ada dalam sajian sajian khas Italia di bermacam-macam restoran. Padahal spaghetti bolognese bukanlah berasal dari Bologna, Italia. Hal itu diungkapkan pribadi oleh Wali Kota Bologna, Virginio Merola.

Meski Populer di Dunia Spaghetti Bolognese Bukan Asli ItaliaFoto: iStock/Independent

"Spaghetti bolognese sebetulnya tidak ada (di sini) meskipun ini sangat populer di dunia," terperinci Virginio Merola pada radio Italia RAI.

Meski begitu, ada satu hidangan yang menyerupai dengan spaghetti bolognese. Hidangan autentik Italia yang paling menyerupai dengan spaghetti bolognese yaitu 'tagliatelle al ragù'.

Baca juga:Resep Pasta: Bolognaise Sauce

Tagliatelle merupakan jenis pasta yang mempunyai bentuk lebar menyerupai mirip fettucine, hanya saja sedikit lebih tipis. Tagliatelle al ragù berisi pasta yang disajikan dengan saus dari daging sapi, sayuran, tomat, dan wine yang dimasak perlahan sampai mengental.

"Kami ingin dunia tahu bahwa Bologna membuat tagliatelle, tortellini, dan lasagne," tambah Virginio.

Meski Populer di Dunia Spaghetti Bolognese Bukan Asli ItaliaFoto: Istimewa

Tagliatelle al ragù sendiri berasal dari Emilia-Romagna dan Bologna merupakan ibukota wilayah itu. Untuk itu tidak ada sajian berupa spaghetti bolognese di Bologna melainkan tagliatelle al ragù.

Merola coba meluruskan hal ini lewat sebuah kampanye di media sosial. Ia memulainya dengan berkicau, "Kepada para penduduk, aku mengoleksi foto spaghetti bolognese dari banyak sekali kepingan di dunia. Ini dari London. Mohon kirimkan aku apa yang kalian punya."

Cuitan itu direspon banyak orang. Banyak penduduk yang membalas cuitan itu dengan foto spaghetti bolognese sampai saus bolognese kemasan yang ada di banyak sekali kepingan wilayah di dunia.

Meski Populer di Dunia Spaghetti Bolognese Bukan Asli ItaliaFoto: Istimewa

Terkait hal ini, Merola menyampaikan bahwa dirinya berencana untuk mengumpulkan semua foto itu di FICO Eataly, taman hiburan makanan terbesar di dunia. Hal itu dipakai biar para turis yang tiba ke sana untuk mencicip hidangan khas Bologna tidak akan pernah menemukan spaghetti bolognese.

"Aneh rasanya jadi populer di dunia lewat sajian yang bukan milik kita. Tentu saja kami bahagia jikalau hal ini menarik perhatian lebih ke kota kami, tapi kami lebih ingin dikenal lewat kualitas makanan yang merupakan bab dari tradisi masakan milik kami," ungkap Merola pada The Telegraph (27/2).

Baca juga: Begini Racikan Spaghetti Bolognese yang Benar Menurut Chef Italia

Artikel Terkait

Meski Terkenal Di Dunia Spaghetti Bolognese Bukan Orisinil Italia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email