Wednesday, March 13, 2019

Bukan Masakan Orisinil Indonesia, Semenjak Dulu Keju Disukai

Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Keju memang bukan kuliner orisinil Indonesia tapi sensasi rasanya bisa menarik hati selera. Kini keju jadi primadona yang sering ditambahkan dalam banyak sekali makanan.

Jika menelisik sejarah tidak ada catatan yang terang dan niscaya kapan keju ditemukan. Kabarnya kuliner olahan dari susu ini sudah diproduksi semenjak zaman prasejarah.

Sementara pabrik keju pertama berlokasi di Swiss pada periode ke-19 namun produksi keju skala besar pertama dilakukan di Amerika Serikat. Saat ini diperkirakan ada lebih dari 400 jenis keju di dunia dengan pabrik-pabrik yang tersebar di Amerika dan Eropa.
Bukan Makanan Asli Indonesia, Sejak Dulu Keju Disukai Foto: Istock
Baca juga : Mulur Gurih Keju Kaprikornus Daya Tarik Banyak Makanan

Keju kini berkembang sangat pesat, rasanya yang gurih enak menciptakan orang banyak berkreasi mengolah kuliner dengan paduan keju. Di Indonesia sendiri tren masakan berbahan keju sudah berlangsung cukup lama.

Dahulu jenis keju yang paling terkenal digunakan hanya jenis keju cheddar dan Edam. Kedua jenis keju ini masih diimpor dari Belanda. Keduanya digunakan untuk menciptakan camilan elok kering kaastengel. Kini orang lebih cenderung mencari keju bertekstur lumer dan mulur. Jenis keju lunak menyerupai mozzarella, raclette dan natural menjadi favorit.

Selain enak, jenis keju mulur dan lumer ini dianggap lebih sensasional sekaligus lebih cocok untuk dijadikan konten media sosial. Apalagi kini kaum millenial cenderung mencari masakan dengan tampilan menarik.

Keju mulur dan lumer yang banyak digunakan di Indonesia ialah jenis mozarella dan raclette. Dua keju ini punya rasa yang sesuai dengan pengecap orang Indonesia dan punya tekstur lentur ketika dipanaskan.
Bukan Makanan Asli Indonesia, Sejak Dulu Keju Disukai Foto: Istock

Lihat saja beberapa outlet ramai diantre ketika menyajikan hidangan kuliner dengan keju mulur. Beberapa diantaranya ada ayam goreng Korea yang digulung dengan keju, pasta keju, steak dengan lelehan keju, ramen keju sampai yang paling gres roti bakar Jepang dengan isian keju.

Bahkan tak hanya kuliner Asia dan Barat saja yang dilumuri keju, masakan khas Indonesia juga seolah tak mau ketinggalan. Kini bisa dengan gampang menemukan ayam geprek keju, siomay keju, bakso isi keju sampai sate taichan diguyur keju leleh.

Ada yang tak kalah nyentrik, kini minuman juga diberi topping foam creamy yang terbuat dari keju. Rasa elok yang lebih banyak didominasi pada minuman bisa menghadirkan sensasi gurih creamy khas keju.
Bukan Makanan Asli Indonesia, Sejak Dulu Keju Disukai Foto: Istock

Baca juga : Manis Gurih Teh dengan Lapisan Busa Keju yang Makin Populer

Tampaknya keju terus menjadi primadona alasannya pengecap orang Indonesia cenderung suka banyak sekali kuliner dengan paduan keju. Meskipun tak sedikit kuliner ini kesannya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Ulasan kali ini, detikFood akan membahas serba-serbi kuliner dengan keju. Ketahui juga ciri keju berkualitas sampai banyak sekali resep masakan keju yang gampang dibentuk di rumah. Simak ulasan selengkapnya hanya di detikFood.

Artikel Terkait

Bukan Masakan Orisinil Indonesia, Semenjak Dulu Keju Disukai
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email