Friday, February 22, 2019

Terungkap! 5 Resep Tertua Di Dunia Yang Masih Dibentuk Sampai Kini

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Siapa sangka 5 sajian terkenal ini tergolong masakan tertua di dunia. 'Usianya' sudah ribuan tahun kemudian mengalami perkembangan seiring waktu.

Situs Realm of History (22/2) merangkum resep-resep masakan paling renta di dunia. Ada stew, pancake, sampai pilaf yang sejarahnya menarik untuk diketahui.

Baca Juga: Terungkap! Ini Makanan Para Raja dan Warga Mesir di Era Mesir Kuno

1. Stew

Terungkap 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Eksis sampai KiniFoto: Istimewa

Tampilannya menyerupai hidangan berkuah biasa, tapi stew beda alasannya dimasak dalam waktu lama. Proses pemasakan ini menciptakan isian stew menyerupai daging sapi atau daging ayam jadi super empuk. Selain itu, sari-sari masakan juga akan keluar sehingga menambah kelezatan rasa hidangan.

Stew kabarnya sudah ada semenjak 7.000 sampai 8.000 tahun lalu. Temuan arkeolog menawarkan banyak suku Amazon memakai cangkang moluska besar sebagai peralatan unuk menciptakan stew. Ada juga temuan kala ke-16 dimana suku Aztec menyiapkan stew berbahan daging insan dan cabe.

2. Pancake

Terungkap 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Eksis sampai KiniFoto: shutterstock

Pancake jadi sajian sarapan favorit di banyak sekali negara. Ada yang versi tebal dan tipis menyerupai crepe kemudian ditambahkan aneka topping. Menilik sejarahnya, pancake kabarnya sudah ada semenjak tahun 3300 sebelum Masehi.

Adalah Otzi the Iceman, insan yang dikabarkan hidup di periode waktu itu. Ketika tubuhnya diotopsi, ditemukan jejak masakan menyerupai daging rusa dan pancake gandum kuno dalam perutnya.

3. Kari

Terungkap 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Eksis sampai KiniFoto: iStock

Dari India ada kari yang terkenal enak dengan paduan banyak bumbu dan rempah. Hidangan ini pertama kali dibentuk pada kala 18 sebagai sajian untuk pemerintah Inggris yang ketika itu ada di India. Selanjutnya resep itu kabarnya dibawa ke Inggris sekitar 200 tahun lalu.

Secara etimologi, curry dalam bahasa Inggris berasal dari kata 'kari' dalam bahasa Tamil yang berarti saus atay gravy. Sejarahnya juga terdengar lebih dari 4.000 tahun kemudian ketika orang-orang peradaban Lembah Indus kerap memakai lesung dan alu watu untuk menggiling bumbu halus menyerupai adas, jinten, dan lainnya.

4. Cheesecake

Terungkap 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Eksis sampai KiniFoto: Istimewa

Siapa sangka cheesecake bukanlah jenis cake modern. Dessert ini awalnya merupakan gagasan orang-orang Yunani kuno sekitar 5.000 tahun lalu. Mereka menciptakan gabungan sederhana dari madu, tepung, dan soft cheese untuk menciptakan cheesecake ringan yang disajikan di pesta ijab kabul dan perayaan lainnya.

Sementara di Amerika, cheesecake ditemukan William Lawrence tahun 1872. Cheesecake versi Paman Sam ini membutuhkan krim keju dalam pembuatannya sehingga teksturnya lebih tebal dan berat.

5. Pilaf

Terungkap 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Eksis sampai KiniFoto: Istimewa

Pilaf yaitu resep masakan kuno yang diracik dari nasi, sayur, dan daging. Bahan-bahan ini kemudian dimasak bersama kaldu dan dibumbui dengan aneka rempah dan herba. Pilaf banyak dikonsumsi di Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika Selatan.

Pilaf kabarnya sudah eksis semenjak tahun 500 sampai 1.000 sebelum Masehi. Namanya berasal dari kata dalam bahas Persia yaitu 'polow' dan kata 'pulaka' di bahasa Sansekerta yang berarti bola nasi.

Baca Juga: 15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa

Artikel Terkait

Terungkap! 5 Resep Tertua Di Dunia Yang Masih Dibentuk Sampai Kini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email