Wednesday, February 20, 2019

Ini Sambal Tumpang, Sajian Andalan Ibunda Joko Widodo Untuk Yusuf Mansur

Foto: Instagram roemwhyFoto: Instagram roemwhy

Jakarta - Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo punya sambal andalan yang kerap ia sajikan untuk sang anak dan Yusuf Mansur. Seperti apa racikan sambalnya?

Dalam wawancara bersama detikcom kemarin (19/2), ustaz Yusuf Mansur membeberkan kedekatannya dengan ibunda Jokowi yang kerap ia sapa Ibu atau Eyang Noto. Bahkan berdasarkan ustaz kondang itu dirinya sudah dianggap sebagai anak bungsu.

Setiap berkunjung ke Solo pun Yusuf Mansur dibuatkan sajian nasi sambal tumpang spesial. "Aku sering dimasakin tumpang, sambel tumpang itu the best. Itu (buatan) eyang Noto. Dimasakin sendiri," ujarnya.

Ini Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf MansurIni Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf Mansur Foto: Instagram pippayo2018


Baca Juga: Kisah Yusuf Mansur Kaprikornus Anak Bungsu Ibunda Jokowi

Sambal ini ternyata juga dibuatkan ibunda Jokowi untuk putranya. Dalam sebuah wawancara, perempuan asal Boyolali ini mengungkap akan menyiapkan sambal tumpang ketika anaknya pulang. Tak ketinggalan aneka rebusan menyerupai pisang dan kacang tanah.

Lalu menyerupai apa sambal tumpang yang kerap disajikan Ibu Sudjiatmi? Sambal tumpang merupakan sambal khas Solo dan Kediri. Kedua kawasan ini sama-sama punya sambal tumpang, hanya saja penyajiannya berbeda.

Di Kediri, sambal tumpang disiram di atas ragam sayuran rebus menyerupai materi pecel. Dengan kata lain, sambal tumpang menjadi pengganti sambal kacang yang biasa digunakan sebagai siraman pecel.

Ini Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf MansurIni Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf Mansur Foto: Istimewa

Sambal ini berkuah kental dengan aroma gurih pedas. Diracik dari tempe semangit (tempe yang fermentasinya dilebihkan, tetapi belum busuk), kencur, dan irisan daun jeruk sebagai materi utama. Ada juga embel-embel santan dan bumbu halus menyerupai bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, cabai merah dan rawit, ebi, garam, sampai gula.

Sambal dapat diracik sangat pedas dengan isian tahu, tempe, dan kulit sapi kering. Bisa juga ditambahkan lemak dan urat sapi atau koyor sehingga disebut sambal tumpang koyor.

Sambal tumpang biasanya dimasak sehari sebelum disajikan. Makin usang disimpan makin enak, bumbu meresap dan ada jejak minyak dari santan yang makin gurih rasanya.

Ini Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf MansurIni Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf Mansur Foto: Instagram pawonebumurti

Sementara di Solo, sambal tumpang dapat pribadi dituangkan di atas nasi dengan sedikit daun singkong rebus. Penyajiannya juga khas dengan embel-embel karak yaitu kerupuk beras.

Menengok sejarahnya, sambal tumpang disajikan pada upacara siraman mempelai perempuan menjelang pernikahan. Maknanya yaitu supaya berkat Allah temumpang (tertumpang) bagi kedua mempelai dan semua orang yang menyelenggarakan hajatan.

Baca Juga: Resep Sambal: Sambal Tumpang

Artikel Terkait

Ini Sambal Tumpang, Sajian Andalan Ibunda Joko Widodo Untuk Yusuf Mansur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email