Tuesday, February 19, 2019

Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin Gurih

Foto: detikFoodFoto: detikFood

Jakarta - Selain diberi kuah kaldu bening ada beberapa soto yang disajikan dengan kuah santan. Rasanya jadi makin gurih enak!

Santan yang dipakai sebagai adonan kuah soto biasanya berupa santan kental dan santan encer. Secara tradisional, soto selalu dibentuk dari santan kelapa dengan kematangan yang sedang.

Ragam soto Indonesia sangat banyak, tak hanya isiannya saja yang bervarian tapi juga jenis kuahnya. Berikut ini beberapa soto khas yang disajikan dengan kuah bersantan.

1. Soto Betawi
Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin GurihFoto: detikFood
Soto asal Jakarta ini punya beberapa versi yakni yang berkuah putih dan agak kekuningan. Namun resep orisinil kuah soto betawi selalu memakai santan. Santan ini juga yang menciptakan kuah soto menjadi kental dan agak keruh serta terasa gurih.

Beberapa pedagang soto memakai santan murni tetapi ada juga yang menambahkan susu. Soto betawi yang memakai adonan susu mempunyai rasa lebih ringan namun bagus dan gurih dibandingkan yang hanya memakai santan saja.

Baca juga : Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba!

2. Soto Tangkar
Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin GurihFoto: detikFood

Soto tangkar sekilas menyerupai dengan soto Betawi namun kuahnya berwarna kemerahan. Bahan utama untuk menciptakan kuah soto tangkar yaitu santan dan racikan bumbu halus menyerupai bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit dan kemiri.

Namun yang menciptakan kuahnya semakin merah yaitu komplemen gula merah, udang kering dan terasi. Bumbu ini juga yang mengakibatkan kuah soto tangkar lebih kaya rasa.

3. Soto Babat
Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin GurihFoto: detikFood

Kuah soto tebas terbagi dua yakni yang memakai santan dan yang bening. Untuk soto tebas berkuah santan, materi baku yang dibutuhkan menyerupai mirip menciptakan kuah soto betawi.

Selain santan, kuah soto tebas diberi bumbu halus mulai dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan ketumbar. Untuk membuatnya semakin sedap, dipakai banyak sekali bumbu aromatik menyerupai serai, daun salam sampai daun jeruk.

Untuk menciptakan soto tebas yang enak, pastikan tebas yang dipakai sudah benar-benar higienis dan direbus sampai empuk.

4. Soto Medan
Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin GurihFoto: detikFood

Soto Medan memang tak sepopuler soto Betawi tapi rasanya tak terkalahkan. Semangkuk soto Medan juga dibentuk dengan kuah santan yang gurih berempah.

Santan kental dan santan encer dipakai untuk meracik soto ini. Bumbu tambahannya ada bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, jahe, kunyit sampai jintan. Soto Medan disajikan dengan suwiran daging ayam dan kentang.

Baca juga : Mencicip Kelezatan 5 Soto Betawi Paling Enak di Jakarta

5. Soto Branggahan
Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin GurihFoto: detikFood

Soto ini berasal dari Kediri, Jawa Timur. Soto branggahan ini dikenal dengan kuahnya yang kental dan gurih khas santan kelapa. Bumbu menyerupai lengkuas, jahe dan kemiri menciptakan kuah soto semakin harum semerbak.

Soto Branggahan mempunyai kuah agak kuning yang berasal dari kunyit. Soto ini gampang ditemui di tempat Branggahan, Kediri. Ciri khas soto ini juga dapat dilihat dari penyajiannya yang memakai mangkuk kecil seukuran mangkuk soto kudus.

Artikel Terkait

Mantap! Diberi Kuah Santan 5 Soto Ini Semakin Gurih
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email