Wednesday, January 23, 2019

Tak Sulit, 5 Kudapan Sehat Untuk Si Kecil Ini Gampang Dibentuk Sendiri

Foto: DetikfoodFoto: Detikfood

Jakarta - Kegiatan sekolah yang padat menciptakan si kecil butuh asupan masakan ekstra. Camilan sehat dan yummy ini dapat dibentuk sendiri lho oleh para ibu di rumah.

Anak usia sekolah perlu diperhatikan asupan zat gizinya. Selain menyiapkan bekal untuk makan siang, bawah umur juga perlu disiapkan masakan ringan sehat. Camilan ini tidak hanya mengandung karbohidrat saja tetapi juga protein yang baik untuk meregenerasi sel tubuh.

Berikut ini beberapa formasi daftar resep masakan ringan sehat dari detikFood yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

1. Kroket Kentang Ragout Ayam

Tak Sulit, 5 Camilan Sehat untuk Si Kecil Ini Praktis Dibuat SendiriFoto: detikfood


Meskipun ini ialah masakan ringan klasik, tapi bawah umur dijamin suka dengan rasanya. Karena dibentuk dengan materi dasar kentang, dibagian dalamnya bertekstur lembut sedangkan lapisan luarnya gurih renyah. Untuk menciptakan ragout ayam dapat dibentuk dengan adonan daging ayam, wortel, bawang bombay sampai susu dan beberapa rempah gurih.

Kentang yang sudah dikukus dan diisi dengan ragout ayam ini lalu dibalut dengan tepung panir. Goreng sampai kecokelatan. Jika tertarik untuk membuatnya, Anda dapat lihat resep lengkapnya di sini.

2. Nugget Pisang

Tak Sulit, 5 Camilan Sehat untuk Si Kecil Ini Praktis Dibuat SendiriFoto: detikFood

Bosan dengan pisang goreng? Si kecil dapat dibuatkan nugget dengan isian buah pisang. Pilih pisang tanduk atau kepok kuning. Kemudian balut dengan adonan nugget dan sajikan dengan pemanis saus menyerupai cokelat dan strawberry. Kalau si kecil suka dengan keju, Anda juga dapat menambahkan parutan keju di atasnya.

Sangat gampang dibentuk di rumah. Yuk, lihat resep lengkapnya!

3. Bola Ikan Renyah

Tak Sulit, 5 Camilan Sehat untuk Si Kecil Ini Praktis Dibuat SendiriFoto: Dok. detikFood

Anak-anak biasanya cenderung menyukai tekstur masakan yang renyah. Daripada membeli gorengan, lebih baik buat saja menu bola-bola dari ikan yang tinggi protein dan gampang dicerna. Fillet ikan kakap atau tenggiri dapat dibentuk dengan adonan sayur berupa wortel. Sajikan dengan cocolan saus mayonnaise yang gurih enak. Nyam!

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Langsung saja lihat resepnya di sini.

4. Ayam sampol renyah

Tak Sulit, 5 Camilan Sehat untuk Si Kecil Ini Praktis Dibuat SendiriFoto: Dok. detikFood

Sampol menjadi jajanan terkenal di banyak sekolah dasar. Namun kalau membeli di luar kita tak tahu bahannya dan apakah cara membuatnya dilakukan secara higienis. Supaya si kecil tak jajan di luar, Anda dapat menciptakan sendiri sampol ayam renyah.

Adonan dasarnya dibentuk dari daging ayam cincang, daun bawang, bawang putih, telur ayam sampai minyak wijen. Lapisi dengan telur dan tepung panis lalu goreng. Sajikan dengan saus favorit si kecil. Lihat resep lengkapnya di sini.

5. Macaroni and cheese

Tak Sulit, 5 Camilan Sehat untuk Si Kecil Ini Praktis Dibuat SendiriFoto: Detikfood

Camilan bergaya Amerika Inggris ini ternyata sangat gampang dibuat. Biasa disebut dengan mac and cheese, menu ini memakai tiga jenis keju gurih. Ada cheddar, parmesan dan mozarella. Makin yummy berpadu dengan makaroni, susu dan juga mentega.

Supaya lebih gampang sajikan mac and cheese dalam cup kecil semoga lebih gampang dibawa ke sekolah. Resep lengkapnya dapat Anda lihat di sini.

Artikel Terkait

Tak Sulit, 5 Kudapan Sehat Untuk Si Kecil Ini Gampang Dibentuk Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email