Tuesday, January 8, 2019

Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Dapat Menyehatkan Jantung

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Buah alpukat jadi masakan kekinian yang banyak dikonsumsi oleh kaum millennial. Selain itu sarapan alpukat setiap pagi, terbukti sanggup menyehatkan jantung.

Sejak dulu alpukat populer sebagai buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan. Selain bagus menjadi hiasan untuk minuman, kue, sampai salad, buah ini juga kaya akan potassium mengalahi pisang. Potassium sendiri mempunyai kegunaan untuk menurunkan kadar gula darah, sampai mencegah gagal ginjal.

Baca Juga: Begini Tampilan Avozilla, Alpukat Raksasa Seberat 1,7 Kg Per Buahnya
Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Bisa Menyehatkan JantungFoto: iStock
Dilansir Ciston PR Newswire (07/01), sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh Nutrients dari Illinois Institute of Technology, Amerika. Menjelaskan bahwa orang yang rutin mengonsumsi alpukat segar setiap sarapan, terbukti sanggup menyehatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko terjangkit stroke, sampai serangan jantung.

Para peneliti mempelajari hasil dari 31 orang cukup umur yang mengalami kelebihan berat badan, dan sudah berusia setengah baya. Sebelumnya, mereka disuruh untuk menyantap buah alpukat utuh sebagai sajian sarapan setiap paginya. Lalu para peneliti membandingkan dengan orang-orang yang menyantap sajian sarapan lain, tapi dengan jumlah kalori yang sama.

Hasilnya para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang menyantap alpukat sebagai sajian sarapan mereka, mengalami peningkatan dalam sirkulasi darah dalam tubuh. Termasuk peningkatan di fungsi pembulu darah, kadar gula darah, sampai profil lipoprotein, yang menjadi kunci kesehatan jantung.
Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Bisa Menyehatkan JantungFoto: iStock
Lipoprotein sendiri mempunyai kegunaan untuk mengurangi risiko terjangkit stroke dan serangan jantung. Kesimpulan dari penelitian ini juga memamparkan, bahwa efek kesehatan dari buah alpukat ini tidak sanggup digeneralisasi untuk semua populasi, sebab setiap orang mempunyai fungsi tubuh yang berbeda.

Tapi banyak studi klinis yang tengah dilakukan, untuk mempelajari wacana efek jangka panjang dari mengonsumsi alpukat. Serta hubungannya dengan kesehatan jantung.
Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Bisa Menyehatkan JantungFoto: iStock
Selain untuk kesehatan jantung, buah alpukat mengandung serat yang membantu untuk menurunkan berat badan, mengurangi tekanan gula darah, sampai mengoptimalkan fungsi tubuh dengan memberi makan serat pada basil baik. Tentunya kandungan ini menciptakan tubuh menjadi lebih bernergi di pagi hari.

Kalau mau coba sarapan dengan alpukat, sanggup coba alpukat goreng tepung yang renyah dan enak. Cek resep lengkapnya di sini.

Artikel Terkait

Rutin Sarapan Alpukat Setiap Pagi Dapat Menyehatkan Jantung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email