Wednesday, December 5, 2018

Malaysia Dan Singapura Berebut Cendol, Bagaimana Jawaban Orang Indonesia?

Foto: IstockFoto: Istock

Jakarta - Masyarakat Malaysia galau alasannya ialah kabar cendol dari Singapura masuk dalam 50 dessert terbaik dunia. Indonesia beberkan bukti kalau cendol orisinil Indonesia.

Cendol masuk ke dalam daftar 50 masakan epilog paling lezat di dunia. Sayangnya, klaim dari CNN Travel ini menyatakan kalau cendol berasal dari Singapura.

Kabar ini memicu banyak reaksi dari masyarakat Malaysia dan Indonesia. "Hidangan pencuci lisan cuek ini sanggup ditemukan di seluruh Asia Teggara, tetapi dengan aksesori kacang merah, Singapura membuat citarasa klasik yang tetap menggoda," tulis Jen Rose Smith, penulis CNN travel.
Malaysia dan Singapura 'Berebut' Cendol, Bagaimana Tanggapan Orang Indonesia?Foto: Istock

Baca juga : Masuk Daftar 'Dessert' Paling Enak, Cendol Diklaim dari Singapura

Ungkapan Smith ini sepertinya melukai hati masyarakat Malaysia yang juga mengaggap kalau cendol orisinil Malaysia.

"CNN, cendol ialah milik Malaysia atau Indonesia dan terang bukan milik Singapura," tulis pengguna akun twitter @anas_phoenix

"Warga Singapura berbondong-bondong ke Melaka untuk makan - termasuk makan cendol - setiap simpulan pekan," kata pengguna Twitter lainnya.

"Kami berdua punya hak untuk cendol. Tapi siapa yang membuat cendol lebih baik. Ayo. Aku menantangmu!" kata netizen lainnya.

Sementara masyarakat Singapura membalas cuitan ini. "Bahkan saya orang Singapura, saya akan tetap mempunyai harga diri untuk tidak mengklaim cendol sebagai milik kami," bunyi cuitan Giri Dev Nair.
Malaysia dan Singapura 'Berebut' Cendol, Bagaimana Tanggapan Orang Indonesia?Foto: Istock

Tak hanya diramaikan netizen Malaysia dan Singapura saja, Indonesia sebagai yang empunya masakan epilog ini turut buka suara.

Dikabarkan The Star (5/12) perang perebutan masakan antara Malaysia dan Singapura mungkin saja akan kalah sesudah mengetahui fakta soal cendol Indonesia. Pakar masakan Indonesia William Wongso mengatakan, "Cendol tidak hanya tersedia di Indonesia, Singapura dan Malaysia tetapi juga di negara-negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Vietnam dan Thailand," kata William Wongso kepada Jakarta Post.

Netizen juga melemparkan komentar bernada sarkas. "CNN yang terhormat, jikalau cendol berasal dari Singapura, maka pasta berasal dari Belgia, Tom Yam dari Vietnam dan dim sum dari India," celoteh pemilik twitter @sidlatif.

William Wongso juga menjelaskan jikalau Malaysia, Singapura dan Indonesia mempunyai ciri khas cendol yang berbeda.

Baca juga : Segar Gurih! Ketika Cendol Menyatu dengan Sambal Pecel

"Jika Anda melihat cendol versi Singapura atau Malaysia, Anda akan menemukan semangkuk dessert berwarna-warni, yang terdiri dari jelly hijau ibarat cacing, kacang merah manis, dan adakala ada jagung anggun yang disajikan dengan gula aren dan santan," jelasnya.

Namun cendol Indonesia kurang berwarna alasannya ialah hanya terdiri dari cendol hijau, santan dan gula aren.
Malaysia dan Singapura 'Berebut' Cendol, Bagaimana Tanggapan Orang Indonesia?Foto: Istock

"Di Indonesia, cendol, juga dikenal sebagai dawet di Jawa, menu ini hanya mengacu pada pandan jeli (cendol) yang disajikan dalam santan," katanya. Ia juga menyampaikan kalau beberapa orang kadang menambah daun pandan atau nangka untuk menambah aroma.

"Di Singapura, cendol dicampur dengan materi lainnya, ibarat es campur," tambah William.

Pria ramah ini juga menyampaikan kalau Indonesia punya banyak varian cendol sesuai dengan kawasan asalnya. "Ada cendol Banjarnegara, es cendol Elizabeth dari Bandung dan bahkan cendol ireng (cendol warna hitam)," jelasnya.


Simak Juga 'Resep Puding Cendol Gula Merah':

[Gambas:Video 20detik]


Malaysia dan Singapura 'Berebut' Cendol, Bagaimana Tanggapan Orang Indonesia?

Artikel Terkait

Malaysia Dan Singapura Berebut Cendol, Bagaimana Jawaban Orang Indonesia?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email