Friday, December 21, 2018

Hari Ibu, 3 Chef Ini Punya Kuliner Andalan Sang Ibu

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Momen hari ibu menciptakan tiga chef ini teringat kuliner andalan ibu mereka. Ada chef Yuda Bustara, Chandra Yudasswara, dan Steby Rafael yang menyebarkan cerita.

Merayakan hari ibu seolah menciptakan kita kembali mengingat jasa-jasa seorang ibu, termasuk momen elok dikala masih kecil. Begitu juga kuliner andalan buatan ibu yang selalu sukses bikin kangen bahkan sampai kita beranjak dewasa.

Hal ini turut dirasakan chef Steby Rafael yang punya kuliner favorit buatan sang ibu. "Sebenernya kuliner rumah biasa aja cuma memang jikalau pas makan kuliner mama itu bikin kayak balik ke masa kecil pas masih SD (SD)," tutur chef tampan ini pada detikFood (21/12).

Hari Ibu, 3 Chef Ini Punya Masakan Andalan Sang IbuChef Steby Rafael yang selalu terkenang kuliner sang ibu (Foto: Istimewa)

Menu favorit ayah satu anak ini yaitu teri cabai dan telur dadar. "Sama sambal merah Padang yang diulek kasar," lanjut chef Steby. Ia pun mengaku pernah coba menciptakan sendiri hidangan itu dikala sudah dewasa.

Senada dengan chef Steby, chef Yuda Bustara juga kerap merindukan kuliner sang ibu. "Ibuku bekerjsama nggak terlalu sanggup masak, tapi ada sajian yang paling ia jago masak," kata chef muda ini.

Chef Yuda menjagokan sambal teri Medan dan ikan peda sambal ijo buatan sang ibu. Ia bahkan menanyakan resep kedua hidangan itu kemudian coba membuatnya.

Hari Ibu, 3 Chef Ini Punya Masakan Andalan Sang IbuYuda Bustara menjagokan sambal teri Medan buatan sang ibu (Foto: Istimewa)

Soal rasa, chef Yuda mengaku sama enaknya. "Rasanya sama dong kan resepnya dari ibu sendiri hehe," kata chef yang jalani contoh hidup sehat ini.

Beberapa hal yang chef Yuda pelajari dari sang ibu yaitu trik menciptakan teri tidak terlalu asin dan mengemukkan ikan peda plus cabai ijo. "Diajarin rendam teri dulu biar gak terlalu asin, dan juga ikan pedanya juga direndam biar empuk sama rebus cabai ijo biar empuk," tuturnya.

Yang juga menarik yaitu kuliner buatan ibu chef Chandra. "Ada telur dan ayam balado, sama rendang," kata chef Chandra soal sajian yang dikangeni dari ibunya. Ia juga sering menciptakan tiga sajian itu menurut resep sang ibu.


Hari Ibu, 3 Chef Ini Punya Masakan Andalan Sang IbuChef Chandra berguru menciptakan rendang dari sang ibu (Foto: iStock)

Selain itu, chef Chandra mengaku sanggup pelajaran masak berharga dari ibunya. "Dari resep rendang, saya berguru teknik slow cooking. Ketika kelapa dan materi lainnya terkaramelisasi perlahan sampai harum," tutupnya.

Nah, bagaimana dengan kamu? Masakan ibu apa yang selalu bikin kau kangen?

Artikel Terkait

Hari Ibu, 3 Chef Ini Punya Kuliner Andalan Sang Ibu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email