Wednesday, August 7, 2019

Jangan Duka Jikalau Sanggup Tulang Kambing Dan Sapi, Ini Cara Mengolahnya

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Bukan hanya daging, bab tulang kambing dan sapi juga sanggup diolah jadi kuliner enak. Masak saja jadi sup kaldu sampai tengkleng yang mantul.

Jika ketika Idul Adha menerima paket tulang kambing dan sapi, jangan merasa duka alasannya yaitu bab tulangan ini juga sanggup jadi masakan enak. Sebelum memasak tulangan kambing dan sapi, simak dulu tipsnya.

1. Pisahkan tulang kambing dan sapi
Jangan Sedih Jika Dapat Tulang Kambing dan Sapi, Ini Cara Mengolahnya Foto: iStock

Meskipun sama-sama berbentuk tulang, tapi sebelum diolah sebaiknya pisahkan antara tulang sapi dan tulang kambing. Untuk membedakannya, cukup dengan melihat ukuran tulang.

Biasanya tulang sapi punya ukuran yang besar-besar, sementara tulang kambing cenderung lebih kecil. Bisa juga dikenali dari daging yang melekat pada tulang, daging sapi terlihat lebih merah dengan serat daging yang halus.

Baca juga : Tulang-tulang Sapi Juga Bisa Diolah Makara Kaldu Lezat

2. Cuci sampai higienis
Berbeda dengan daging, tulangan sebaiknya dicuci lebih dahulu sebelum diolah. Apalagi biasanya terdapat kotoran dari tulang binatang kurban menyerupai tanah atau percikan darah.

Cuci tulang di bawah air mengalir sampai bersih. Setelah bersih, tulang sanggup pribadi diolah. Tulang yang higienis juga mempengaruhi kejernihan kaldu yang dihasilkan.

3. Rebus jadi kaldu sup
Jangan Sedih Jika Dapat Tulang Kambing dan Sapi, Ini Cara Mengolahnya Foto: Fox News

Kaldu jadi masakan yang paling sanggup diandalkan dibentuk memakai tulangan. Rebus tulang selama beberapa jam sampai menghasilkan kuah kaldu yang gurih.

Supaya rasanya sedap, bumbui kaldu dengan bawang bombay, bawang putih, lada dan daun bawang. Khusus untuk tulang kambing, disarankan untuk menambah bumbu aromatik lebih banyak, menyerupai jahe, lengkuas sampai daun jeruk untuk mengurangi aroma prengus.

Kaldu ini sanggup pribadi diolah jadi sup, apalagi jika sanggup tulangan yang berisi sum-sum. Tambahkan materi isian menyerupai wortel, kentang dan lainnya. Kuah kaldu juga cocok dijadikan untuk kuah bakso.

Kalau mau bikin kaldu sup tulang yang gurih dan enak,coba cek resep lengkapnya di sini.

Baca juga : Yuk, Bikin Kuah Bakso dari Tulang Sapi yang Enak!

4. Masak jadi sajian yummy
Jangan Sedih Jika Dapat Tulang Kambing dan Sapi, Ini Cara Mengolahnya Foto: Instagram

Mau sajian yang lebih kaya rasa? Banyak kuliner yummy yang sanggup diolah dari tulang sapi maupun kambing. Sebut saja gulai, kari sampai tengkleng.

Kombinasikan banyak sekali bumbu menyerupai bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, sereh dan banyak sekali rempah untuk menciptakan sajian yang berbumbu medok. Kuah kaldu tulangan ini dijamin menciptakan rasanya semakin gurih sedap, apalagi ketika disantap hangat.

Tengkleng khas Solo yang sedap berbumbu pekat sanggup dicoba dengan resep ini.

Simak Video "Mantap! Lezatnya Tengkleng Sapi Kurma untuk Berbuka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Jangan Duka Jikalau Sanggup Tulang Kambing Dan Sapi, Ini Cara Mengolahnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email