Thursday, May 2, 2019

Simpan Sayuran Hijau Dengan Cara Ini Semoga Infinit Segar

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Sayuran hijau hampir selalu diharapkan dalam masakan. Sayuran ini dapat disimpan di dalam lemari es biar infinit segar. Agar tak layu dan busuk, ikuti cara penyimpanan yang benar ini.

Sayuran hijau jadi salah satu materi sumber vitamin dan mineral yang amat baik bagi tubuh. Sederet sayuran yang memberi dua hal itu antara lain sawi hijau, kangkung, bayam, bokcoy, kailan sampai aneka daun selada.

Banyak yang menyampaikan bahwa sayuran hijau cepat layu dan busuk. Padahal sayuran tersebut dapat Anda disimpan di lemari pendingin. Walau hanya tahan selama beberapa hari saja.

Baca juga: Mencuci Sayuran Hijau

Simpan Sayuran Hijau Dengan Cara Ini Agar Awet SegarFoto: Istimewa

Cara penyimpanannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui hal apa saja yang dihentikan dilakukan ketika ingin menyimpan sayuran hijau. Seperti jangan potong sayuran sebelum disimpan.

Sebab kalau Anda memotong sayuran hijau kemudian menyimpannya, mineral dan vitamin yang ada akan lebih gampang hilang. Jika dipotong-potong dan dicuci, vitamin pada sayuran akan gampang larut dalam air.

Sebaiknya jangan mencuci sayuran hijau lebih dulu kalau tidak ingin eksklusif dimasak. Sebab sayuran hijau yang disimpan bersama dengan air justru mempercepat proses pembusukan daunnya.

Simpan Sayuran Hijau Dengan Cara Ini Agar Awet SegarFoto: Istimewa

Sementara bermacam-macam jenis lettuce yang biasa dimakan segar sebagai salad, dapat disimpan dengan cara khusus. Untuk iceberg lettuce (selada bokor) dapat dibungkus kertas dan disimpan dalam wadah bertutup di lemari es. Untuk cos lettuce, dapat dilepaskan dari bongkolnya, basuh di bawah air mengalir, lap sampai kering kemudian masukkan ke dalam wadah dengan dilapisi tisu dapur. Tutup rapat wadah.

Cara menyimpan sayuran tersebut yaitu dengan membalutnya dengan kertas kemudian masukkan ke rak kulkas paling bawah. Atau kalau ingin tetap memakai wadah plastik dari supermarket, pastikan bahwa kepingan dalam plastik tidak mempunyai embun yang cukup banyak.

Simpan Sayuran Hijau Dengan Cara Ini Agar Awet SegarFoto: Istimewa

Untuk sayuran hijau dapat dibungkus dengan kertas kemudian masukkan ke dalam plastik dan ikat secara longgar. Hal ini dapat tahan selama 2-3 hari.

Jika ingin tahan lebih lama, jenis sayuran hijau yang keras ibarat brokoli dapat dibekukan. Blansir atau celupkan kuntum brokoli dalam air mendidih sebentar kemudian celupkan dalam air es dan tiriskan. Taruh dalam wadag bertutup dan simpan dalam freezer biar tahan sampai beberapa minggu.

Baca juga: Ini 4 Resep Mudah Mengolah Bayam dan Kangkung

Artikel Terkait

Simpan Sayuran Hijau Dengan Cara Ini Semoga Infinit Segar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email