Saturday, April 13, 2019

Bukan Teh Telur Tapi Bir Telur Yang Hanya Ada Di Hanoi

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Hanoi - Telur biasanya diolah dengan cara direbus atau digoreng. Tapi di salah satu kafe yang ada di Hanoi, Vietnam, telur justru disulap jadi bir yang enak.

Di Giang Cafe yang ada di kota Hanoi, ada hidangan bir yang unik dan mempunyai banyak penggemar. Bir ini diracik menggunakan kuning telur yang yang sudah dikocok, kemudian dicampur dengan gula halus, semoga rasanya manis dan legit. Teksturnya juga sedikit kental dan lembut, menyerupai mirip krim.

Baca Juga: Sarapan Favorit Victoria Beckham Ternyata Telur Orak-arik
Bukan Teh Telur Tapi Bir Telur yang Hanya Ada di HanoiFoto: Istimewa
Menurut sang pemilik kafe, Nguyen Chi Hoa, awalnya hidangan bir telur ini pertama kali diciptakan pada tahun 1999. Ia ingin tau dengan gabungan antara telur dan bir, risikonya ia mulai meraciknya sendiri.

"Awalnya aku menciptakan bir telur hanya untuk sendiri dan aku pikir rasanya cukup enak. Sehingga aku mulai mengajak orang untuk mencobanya, untuk melihat apakah orang-orang suka dengan bir telur ini," tutur Nguyen dilansir dari Asia One (07/05).

Sebenarnya bir telur ini bukan satu-satunya hidangan minuman unik, yang ada di kafe milik Nguyen. Sebelumnya Nguyen juga menggabungkan kopi khas Vietnam, dengan busa dari telur yang manis. Resep kopi telur ini sudah ada semenjak tahun 1946, dan diwariskan oleh sang ayah.
Bukan Teh Telur Tapi Bir Telur yang Hanya Ada di HanoiFoto: Istimewa
"Dulu orang-orang miskin biasa meminum kopi dengan telur, alasannya mereka beternak banyak ayam. Makara mereka tinggal memecahkan telur, dicampur dengan gula, kemudian dikocok sampai halus. Akhirnya tercipta lah kopi telur," tutur Nguyen.

Selain itu tak hanya menggabungkan telur dengan bir dan kopi saja. Tapi Nguyen juga menciptakan minuman telur, dari gabungan rum, matcha, chocolate, sampai minuman bersoda.

Hasilnya kafe miliknya tak pernah sepi dari pengunjung. Setidaknya ia harus menyiapkan 1000 butir telur setiap paginya, untuk dikocok memakai mesin.
Bukan Teh Telur Tapi Bir Telur yang Hanya Ada di HanoiFoto: Istimewa
Uniknya kebanyakan orang belum pernah mencoba bir telur ini, jadi dikala orang mencobanya, mereka pribadi suka. Terutama wisatawan dari Jerman, para turis ini dapat memesan bir telur sampai 20 gelas per harinya.

"Rasanya sangat spesial, menyerupai hidangan epilog yang manis ditambah dengan bir," ungkap salah satu turis dari Malaysia.

Nguyen juga menyampaikan bahwa selain rasanya yummy dan creamy, bir telur ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan.

"Minuman ini sangat bagus untuk kesehatan kulit, dan mencerahkan kulit," pungkas Nguyen.

Baca Juga: Tambahkan Telur ke Dalam Kopi Agar Berat Badan Cepat Turun

Artikel Terkait

Bukan Teh Telur Tapi Bir Telur Yang Hanya Ada Di Hanoi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email