Tuesday, March 19, 2019

Talenan Kayu Lebih Higienis Dan Terawat Dengan 5 Cara Ini

Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock

Jakarta - Talenan kayu selalu ada di setiap dapur. Alas materi kuliner ini perlu dibersihkan dengan benar semoga tak jadi sarang bakteri.

Banyak orang mengandalkan talenan kayu untuk menyiapkan potongan materi makanan. Talenan kayu dianggap lebih alami oleh banyak orang ketimbang talenan plastik. Sayangnya pemakaian talenan kayu sering kali kurang tepat.

Banyak orang belum tahu cara benar membersihkan talenan kayu sehingga aroma kuliner masih tertinggal. Lebih parahnya lagi, bila ada guratan dalam pada talenan kayu, area ini bisa menjadi sarang tumbuhnya basil yang membahayakan kesehatan.

Dikutip dari TODAY (18/3), Melissa Maker selaku penulis "Clean My Space: The Secret to Cleaning Better, Faster -- And Loving Your Home Every Day" menyebarkan metode untuk memperpanjang masa simpan talenan kayu dan menjaga kebersihannya. "Pastikan Anda mengolesi talenan kayu dengan minyak mineral setiap bulan bila berbahan dasar kayu. Hal ini akan membantu talenan bertahan lebih usang dan mencegah noda serta basil meresap ke dalam seratnya," ujar Melissa.

Talenan Kayu Lebih Bersih dan Terawat dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Ia melanjutkan, "Dan untuk membersihkannya, lap seluruh sisa materi kuliner dengan kain basah dan taburi garam sekitar setengah cup (64 gram). Potong lemon dan gunakan untuk menggosok setiap sisi talenan. Jika sudah, bilas dan keringkan."

Baca juga: Ini Sebabnya Talenan Kayu Lebih Aman Dibandingkan Talenan Plastik

Selain tips dari Melissa Maker, ada juga beberapa metode terkenal untuk membersihkan talenan kayu ibarat berikut ini:

1. Pasta soda kue
Jika talenan kayu Anda tidak membutuhkan pencucian intens, pasta berbahan soda camilan bagus buatan rumahan ini bisa jadi solusi. Cara membuatnya, campurkan satu sendok makan baking soda, satu sendok makan garam, dan satu sendok makan air. Aduk rata pasta ini kemudian oleskan pada talenan dan gosok sampai bersih.

2. Ramuan lemon dan garam
Metode ini sangat gampang dilakukan dan bisa menunjukkan aroma yang segar. Cukup siapkan irisan lemon dan garam. Pertama taburkan garam ke seluruh permukaan talenan kayu, kemudian gosok dengan lemon sampai mengeluarkan sarinya. Terakhir, bilas dengan air.

Talenan Kayu Lebih Bersih dan Terawat dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Baca juga: Bersihkan Talenan Kayu dan Parutan Keju dengan Trik Praktis Ini

3. Trik tisu dapur
Untuk membersihkan talenan dengan cepat, Anda membutuhkan 2 lembar tisu dapur, sedikit cuka dan hidrogen peroksida. Rendam satu tisu dapur dengan cuka kemudian lap seluruh permukaan talenan kayu. Kemudian rendam tisu dapur kedua dengan hidrogen peroksida dan lap kembali talenan kayu Anda.

4. Larutan pemutih
Siap-siap memotong daging untuk menciptakan rendang atau memotong ikan bandeng untuk resep pindang? Pahami dulu cara membersihkan noda talenan kayu yang membandel. Caranya, campurkan satu sendok makan pemutih dengan dua liter air. Rendam talenan kayu dalam larutan pemutih dan biarkan selama beberapa menit. Selanjutnya, bilas sampai higienis dengan air panas.

5. Garam dan air panas
Cara membersihkan yang satu ini sangat gampang dan cepat, itulah mengapa cara ini sangat digemari dan diandalkan. Metode ini juga cukup ampuh untuk menghilangkan noda ibarat sisa bawang merah dan kunyit. Ketika talenan kayu sudah benar-benar kering, taburkan garam ke seluruh permukaannya kemudian gosok dengan memakai spons yang sudah direndam air panas. Talenan kayu dijamin kembali bersih.

Baca juga: Ini Kesalahan Pemakaian Talenan yang Sering Dilakukan Orang

Setelah mengetahui cara membersihkan talenan kayu, Anda juga perlu menghindari kesalahan umum pemakaian talenan. Mulai dari memakai talenan yang sama untuk semua materi kuliner sampai malas mengganti talenan lama. Berikut kesalahan yang sering dilakukan.

1. Memakai talenan yang sama untuk daging dan sayur
Berapa talenan yang Anda miliki di dapur? Minimal Anda harus punya dua talenan. Satu untuk memotong daging sapi, ayam dan ikan. Yang satu lagi untuk mengolah sayuran dan buah. Talenan yang sama bila digunakan untuk memotong daging, ayam dan seafood dan sayuran bisa memicu risiko kontaminasi silang. Mengingat ayam mentah bisa mengandung basil salmonella. Sebaiknya gunakan dua talenan dengan warna berbeda untuk mempersiapkan dua materi berbeda.

Talenan Kayu Lebih Bersih dan Terawat dengan 5 Cara IniFoto: iStock

2. Memakai talenan ukuran kekecilan
Seringkali pemakaian talenan asal talenan. Tidak memperhitungkan banyaknya bahan-bahan yang dipotong atau dicincang. Akibatnya talenan kecil sering dipaksakan untuk mempersiapkan materi dalam jumlah banyak. Bahan kuliner yang dipotongpun berceceran atau tumpah ke luar talenan sehingga menjadi kotor.

Talenan sebaiknya ketika digunakan masih menyediakan ruang cukup untuk pergerakan pisau mengiris atau mencicncang sehingga materi makana bisa disiapkan dengan baik.

3. Malas menyikat permukaan talenan

Guratan pisau pada talenan kayu dan plastik sering meninggalkan guratan yang usang kelamaan bisa dalam. Kotoran pun gampang bersarang dalam bekas guratan. Akibatnya sering muncul jamur.

Karena itu talenan harus dicuci higienis dan sikat dengan sikat kawat semoga kotoran terangkat bersih. Jika guratan semakin dalam dan banyak, sebaiknya ganti talenan segera.

4. Malas mengganti talenan lama

Talenan harus lurus rata permukaannya semoga materi kuliner bisa terpotong dengan baik. Jika sudah usang digunakan talenan umumnya akan cekung di serpihan tengah atau serpihan yang sering dipakai. Jika kondisi talenan ibarat ini sebaiknya ganti segera.

Jika dibiarkan menipis dan bergurat banyak, basil dan kotoran akan gampang bersarang dalam permukaan talenan. Talenan juga tak baik lagi fungsinya.

Artikel Terkait

Talenan Kayu Lebih Higienis Dan Terawat Dengan 5 Cara Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email