Thursday, March 21, 2019

Resep Pecel Lele Yang Gurih Renyah Dan Praktis

Foto: iSrockFoto: iSrock

Jakarta - Pecel lele terkenal sebagai masakan malam yang murah dan sedap. kalau mau bikin sendiri juga tak sulit caranya. Coba saja ikuti cara ini.

Belum usang media umum digegerkan pedagang pecel lele yang dipukul pembelinya alasannya yaitu dianggap terlalu usang memasak. Padahal meeka hanya perlu waktu 10 menit menyiapkannya.

Pecel lele merupakan masakan khas Jawa Tengah. Awalnya pedagang memanfaatkan lele berlimpah dari empang atau sawah. Lele digoreng garing kemudian disajikan dengan sambal rawit segar dengan kucuran air jeruk nipis atau limau. Makin yummy dimakan dengan nasi hangat.

Tak terlalu usang dan rumit disiapkan, pecel lele dapat dibentuk sendiri. Siapkan materi dan ikuti cara pembuatannya berikut ini.


Resep Pecel Lele yang Gurih Rentah dan PraktisIkan lele segar atau hidup. Foto: iSrock

1. Lele segar

Ikan lele untuk diolah jadi pecel lele harus lele hidup atau segar. Belilah pada penjual ikan lele hidup di pasar. Mintalah mereka membersihkan dan memotong sungut serta membuang isi perutnya. Jika tak suka, kepala lele dapat dibuang. Kerat-kerat kedua sisi badannya dengan pisau tajam semoga bumbu gampang meresap.


2. Bumbu halus

Agar rasanya makin gurih enak, siapkan bumbunya untuk 4 ekor ikan lele. Haluskan 3 siung bawang putih, 1 cm kunyit, 1 sdt ketumbar sangrai, 1/2 cm jahe, 1/2 sdt merica bubuk, dan 1 sdt garam.

Larutkan bumbu halus ini dengan sedikit air kemudian lumerkan ke tubuh lele sampai rata. Diamkan selama 30 menit. Bisa juga disimpan dalam lemari es bila akan digoreng beberapa jam kemudian.

Resep Pecel Lele yang Gurih Rentah dan PraktisMenggoreng ikan lele. Foto: Dok. Cari Makan

3. Goreng ikan lele

Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Goreng ikan lele dan pastikan seluruh bab lele terendam minyak. Setelah kering kecoelatan, angkat dan tiriskan.

Resep Pecel Lele yang Gurih Rentah dan PraktisSambal terasi atau sambal dadak. Foto: detikfood

4. Sambal

Buat sambal dari cabai merah keriting, cabai rawit merah, garam dan sedikit terasi. Gerus sampai halus. Kucuri air jeruk limau atau jeruk nipis. Taruh lele goreng di atasnya. Sajikan dengan mentimun, tomat, duan kemangi dan nasi hangat.

Artikel Terkait

Resep Pecel Lele Yang Gurih Renyah Dan Praktis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email