Tuesday, January 15, 2019

Ganti Nasi Dengan Kentang Untuk Sarapan Yang Lebih Sehat

Foto: InstagramFoto: Instagram

Jakarta - Sama-sama sumber karbohidrat, mengganti nasi dengan kentang untuk sarapan punya banyak manfaat sehat. Apalagi kentang mengandung nutrisi yang beragam.

Di antara sayuran lainnya, kentang jauh lebih mengenyangkan dan infinit untuk disimpan. Sayuran ini tidak gampang layu, dan sanggup diolah menjadi aneka makanan. Dilansir SF Gate (15/01), berikut 5 alasan mengapa sarapan dengan kentang jauh lebih sehat.

Baca Juga: Profesor Ini Anjurkan Untuk Makan 6 Potong Kentang Goreng, Netizen Protes


1. Vitamin B-6

Ganti Nasi dengan Kentang Untuk Sarapan yang Lebih SehatFoto: iStock

Salah satu nutrisi penting yang ada di dalam kentang yakni vitamin B-6 atau pyridoxine. Vitamin B-6 ini membantu badan untuk memproduksi neurotransmitter, sejenis molekul kecil yang memfasilitasi jaringan sel dan saraf otot. Selain itu kandungan vitamin B-6, sanggup menambah energi, meningkatkan fungsi otak, serta mencegah penyakit jantung.


2. Vitamin C


Rata-rata satu buah kentang mengandung 21 miligram vitamin C, atau setara 23% -28%. Sehingga mengonsumsi kentang, sanggup mengurangi risiko tekanan darah tinggi sampai stroke. Sementara kandungan sodium yang rendah, cocok sebagai sajian sarapan bagi orang-orang penderita kolestrol.


3. Mangan

Ganti Nasi dengan Kentang Untuk Sarapan yang Lebih SehatFoto: iStock
Kentang merupakan sumber mangan, yaitu mineral penting yang membantu metabolisme badan serta mengaktifkan enzim untuk mencerna protein dan karbohidrat. Selain itu mangan sanggup membantu kesehatan tulang. Sehingga kentang jadi sajian sarapan yang baik untuk memulai hari.


4. Kalium


Banyak yang menyangka bahwa pisang merupakan sumber kalium terbesar, padahal kentang punya kandungan kalium tinggi yang menangkal banyak sekali jenis penyakit dari tubuh. Kalium sendiri berfungsi untu mendukung sistem saraf, sampai membantu produksi energi, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.


5. Olahan Makanan

Ganti Nasi dengan Kentang Untuk Sarapan yang Lebih SehatFoto: iStock
Hindari sarapan dengan kentang goreng, ibarat french fries, alasannya yakni kandungan minyaknya justru sanggup menciptakan kentang kehilangan nutrisinya. Kalau mau coba sarapan di rumah, sanggup buat salad kentang yang creamy dan gurih. Cek resep salad kentang yang mudah di sini.

Baca Juga: Kroket dan Kue Lumpur, Olahan Kentang Bernutrisi untuk Bekal

Artikel Terkait

Ganti Nasi Dengan Kentang Untuk Sarapan Yang Lebih Sehat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email