Thursday, January 24, 2019

Film Animasi Pendek Bao Masuk Nominasi Oscar 2019

Foto: World of BuzzFoto: World of Buzz

Jakarta - Animasi pendek milik Pixar berjudul 'Bao' masuk dalam nominasi Oscar 2019 sebagai Best Short Film. Film itu pun dibanijiri dukungan.

Masih ingat dengan animasi pendek yang tayang sebelum film The Incredibles 2 tahun lalu? Saat itu, sebelum melihat keluarga Mr Incredible beraksi, penonton disuguhkan sebuah film animasi pendek berjudul, Bao.

Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019Foto: Facebook Disney Pixar
Sesuai namanya, animasi pendek ini bertema roti kukus atau biasa disebut bakpao. Berdurasi 7,5 menit, animasi ini menceritakan seorang perempuan paruh baya yang depresi alasannya yakni kesepian. Namun keajaiban terjadi ketika ia menciptakan sebuah bakpao. Bakpao tersebut hidup dan mempunyai kaki dan tangan, layaknya 'bayi bakpao'.

Baca juga: Pixar Rilis Animasi wacana Bakpao di The Incredibles 2 yang Menggemaskan

Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019Foto: World of Buzz
Ia senang dan merawat bayi bakpao tadi. Namun sayangnya, semakin bertambah usia, sang bayi bakpao juga turut tumbuh layaknya anak pada umumnya. Hingga alhasil ia 'menikah' dan meninggalkan perempuan tadi seorang diri.

Ternyata itu merupakan potret kehidupan faktual si perempuan yang gemar menciptakan bakpao. Ia memang ditinggal sang anak lelakinya usai menikahi seorang wanita. Namun diakhir cerita, sang anak kembali ke rumah perempuan itu sekaligus membawa serta istrinya.

Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019Foto: World of Buzz
Mereka alhasil hidup senang sampai istri dari anaknya turut mencar ilmu cara menciptakan bao buatan perempuan itu. Animasi ini dibentuk dan disutradarai oleh pembuat storyboard berjulukan Domee Shi. Domee Shi sendiri merupakan perempuan berdarah China-Kanada.

"Saya ingin mengakibatkan film pendek ini sebagai cara mengeksplor hubungan antara ibu yang terlalu protektif dan sosok bayi dumpling serta mengatakan betapa pahitnya membiarkan sesuatu pergi meskipun Anda sangat menyukainya," terang Domer Shi.

Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019Foto: World of Buzz
Melihat kehangatan sampai keintiman cerita, banyak warga Asia yang merasa relevan dengan dongeng yang dibentuk Domee Shi. Tak heran jikalau animasi pendek ini masuk nominasi Oscar 2019.

Dikutip dari Nextshark (23/1), animasi 'Bao' resmi masuk dalam nominasi 'Best Short Film' di Oscar 2019 selasa lalu. Bao akan bersaing dengan beberapa film animasi pendek lainnya menyerupai 'Animal Behaviour', 'Late Afternoon', 'One Small Step' dan 'Weekends'.

Film Animasi Pendek 'Bao' Masuk Nominasi Oscar 2019Foto: World of Buzz
Banyak orang yang mengatakan dukungannya pada animasi ini. Ada yang berkicau, "Jika bao tidak menang piala oscar, aku akan ngamuk. Apa Anda tahu berapa kali aku menangis alasannya yakni dumpling itu?".

"Saya berharap Bao memenangkan piala Oscar. Saya masih ingat ketika menontonnya sebelum Incredibles 2 dimulai. Air mata menetes di pipi aku di tamat cerita, ceritanya sangat menyentuh," cuit lainnya sebagai dukungan.

Baca juga: Yuk Coba! Resep Bakpao Disney 'Bao' yang Dibagikan Lewat FB

Artikel Terkait

Film Animasi Pendek Bao Masuk Nominasi Oscar 2019
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email