Tuesday, November 27, 2018

Segar Gurih! Dikala Cendol Menyatu Dengan Sambal Pecel

Foto: dok. detikFood/Charolin PebriantiFoto: dok. detikFood/Charolin Pebrianti

Ponorogo - Cendol atau dawet umumnya dipadu dengan santan dan sirop gula Jawa. Tapi yang satu ini dikucuri sambal pecel. Kayak apa rasanya?

Minuman es dawet pecel ini dijajakan di sebuah pos keamanan keliling berukuran 2,5x2,5 meter di Desa Bedoho, Kecamatan Sooko. Jarmi, sang penjual eksklusif mempersilahkan Detikfood duduk dan menawari minuman dawet yang ada di kedainya. Ada es dawet biasa dan es dawet pecel.

"Es dawet pecel memang tidak lumrah gres di sini saja adanya," tutur Jarmi di kedainya, Selasa (27/11/2018).
Segar Gurih! Ketika Cendol Menyatu dengan Sambal Pecel Foto: dok. detikFood/Charolin Pebrianti
Baca Juga: Video Tentang Cendol Ini Picu Reaksi Netizen Indonesia dan Malaysia

Jarmi dengan cekatan mengatakan cara menyajikan dawet pecel, tangan kirinya meraih gelas tinggi dan diisi es batu. Sementara tangan kanannya mengambil juruh atau sirop gula Jawa. Juruh berwarna merah kecokelatan dan berasal dari gula merah ini menjadi pelengkap alami.

Kemudian beliau menuangkan dawet atau cendol yang sudah bercampur santan kedalam gelas tersebut. Nah, yang membedakan dengan dawet pada umumnya, Jarmi menambah sambel pecel sebanyak dua sendok makan.

"Inilah yang membedakan, jadi ada perpaduan rasa anggun dan pedas. Rasanya menyerupai rujak," jelasnya sambil menyorongkan gelas dawet pecel.
Segar Gurih! Ketika Cendol Menyatu dengan Sambal Pecel Foto: Istimewa
Saat dicicipi, rasanya memang berbeda dengan es dawet pada umumnya. Layaknya minum kuah rujak yang dipadu dengan es. Rasa legit anggun dari sirop gula jawa bercampur pedasnya sambal pecel. Rasa segar bakal eksklusif muncul usai meminum kedua kalinya. Memang paling pas dinikmati ketika siang terik demi menghilangkan rasa dahaga.

Menurut Jarmi, resep ini ia sanggup dari neneknya. Terhitung sudah 20 tahun terakhir ia menjual es dawet pecel. Tak sedikit peminatnya yang tiba ke kedainya untuk merasakan segelas es dawet unik ini. Sebab, hanya Jarmi satu-satunya penjual es dawet pecel di bumi reog.

"Awalnya nenek saya jualan pecel dan dawet, terus ada pembeli yang minta dicampur. Eh, justru jadi favorit hingga sekarang," jelasnya.
Segar Gurih! Ketika Cendol Menyatu dengan Sambal Pecel Foto: dok. detikFood/Charolin Pebrianti
Dalam sehari, Jarmi bisa menjual 200 gelas es dawet pecel. Sedangkan materi menciptakan es menghabiskan 1,5 kilogram tepung sagu dan 7 buah kelapa sebagai santannya. Satu porsi es dijual dengan harga Rp 3.500 saja.

Menariknya sebagian pembelinya percaya dengan minum es dawet pecel buatannya mengaku bisa sembuh dari sakit pegal linu dan sakit kepala. Namun Jarmi hanya tersenyum menanggapi hal itu.

"Itu hanya komentar pembeli, ini minuman sehat tidak ada materi kimianya," pungkas dia.

Baca Juga: Kesengsem Pecel Keong, Racikan Pecel yang Sedap dari Banyubiru

Artikel Terkait

Segar Gurih! Dikala Cendol Menyatu Dengan Sambal Pecel
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email