Monday, August 5, 2019

Sate Sampai Sop, Olahan Istimewa Serba Daging Meriahkan Idul Adha

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Idul Adha, jadi momen Istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Hari raya ini identik dengan menu aneka daging sapi hingga kambing, sebagai perayaan kurban.

Setiap tahunnya seluruh umat Muslim merayakan hari raya Idul Adha yang jatuh pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Disebut sebagai hari raya haji, perayaan ini juga dikenal sebagai 'Idul Qurban'. Tradisi penyembelihan binatang kurban berupa sapi atau kambing ini, sudah menjadi ritual yang ada semenjak dulu.

Baca Juga: Gule Kambing yang Gurih Sedap Favorit Sajian Idul Adha
Sate hingga Sop, Olahan Spesial Serba Daging Meriahkan Idul AdhaFoto: iStock
Tahun ini hari raya Idul Adha jatuh pada hari Minggu, tanggal 11 Agustus nanti. Di Indonesia, perayaan hari raya kurban jadi momen yang Istimewa bagi banyak orang. Selain menjadi hari untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga, mereka juga sanggup menikmati aneka hidangan berbahan dasar daging sapi dan kambing, dari binatang kurban yang dibagikan.

Selain mengembangkan daging kurban ke sesama, atau kepada orang-orang yang membutuhkan, program masak bersama juga tak lepas dari perayaan ini. Banyak orang yang menentukan untuk menciptakan sate di rumah memakai daging kurban, sambil berkumpul dengan keluarga.

Banyak juga yang mengolah daging kurban ini menjadi banyak sekali kuliner enak, menyerupai gulai, sop, hingga semur. Di beberapa wilayah Indonesia juga punya hidangan khusus ketika Idul Adha, menyerupai olahan tengkleng dari Solo, kemudian balanga dari Gorontalo, rabeg dari Banten, hingga kari kambing dari Aceh.
Sate hingga Sop, Olahan Spesial Serba Daging Meriahkan Idul AdhaFoto: iStock
Meski begitu, selalu awasi konsumsi hidangan daging, biar tidak berdampak jelek kepada kesehatan. Terutama kadar kolesterol yang cenderung naik, ketika hari raya. Konsumsi daging sanggup dibatasi, atau dipadukan dengan sayuran biar lebih sehat.

Nah, di ulasan Istimewa Idul Adha kali ini, detikFood akan membahas ihwal serba-serbi cara membersihkan daging hingga mengolah daging kurban. Mulai dari cara membersihkan daging sapi atau kambing, cara menghilangkan basi prengus dari daging kambing, hingga tips dan trik mengolah jeroan menyerupai limpa, usus, babat, dan hati sapi atau kambing.
Sate hingga Sop, Olahan Spesial Serba Daging Meriahkan Idul AdhaFoto: iStock

Tak ketinggalan ulasan yang membahas tips menciptakan sate enak di rumah, cara biar bumbu meresap tepat ke dalam daging, langkah memasak daging biar empuk dan tak alot, hingga menyiasati mengolah daging kurban yang banyak tulangnya menjadi hidangan yang lezat.

Terdapat juga aneka resep gampang menciptakan sup kambing yang bening dan gurih, hingga rekomendasi daerah makan nasi kebuli hingga sate yang enak di sekitaran Jabodetabek. Untuk itu simak terus artikel seputar sajian Idul Adha yang Istimewa di detikFood!

Baca Juga: Nasi Gurih dengan Daging Kambing yang Sedap Buat Sajian Idul Adha



Simak Video "Review 3 Martabak Legendaris, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel Terkait

Sate Sampai Sop, Olahan Istimewa Serba Daging Meriahkan Idul Adha
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email