Wednesday, May 1, 2019

Kenali Apa Itu Bihun Dan Cara Mengolahnya Yang Enak

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Praktis ditemui di pasaran, bihun jadi olahan favorit banyak orang Indonesia. Apa itu bihun dan bagaimana cara mengolahnya yang enak?

Bihun merupakan materi makanan yang sudah sangat dikenal dan sering dipakai masyarakat Asia. Makanan dengan nama lain "glass noodle" ini mempunyai tekstur kenyal, lembut, dan berwarna bening menyerupai kaca. Di banyak sekali negara, bihun mempunyai nama yang berbeda menyerupai Vermicelli di China, Dangmyeon di Korea, Harusame di Jepang, Falooda di India, dan masih banyak lagi.

Kenali Apa Itu Bihun dan Cara Mengolahnya yang EnakFoto: iStock

Berbeda dengan mie pada umumnya yang terbuat dari tepung, bihun berbahan dasar air dan pati flora menyerupai kentang, kacang hijau, atau singkong. Biasanya, bihun dijual dalam keadaan kering dan keras. Anda sanggup merendamnya dengan air hangat atau merebusnya sebentar. Saat masih mentah, bihun cenderung bening dan saat dimasak akan berkembang menjadi warna putih.

Tidak hanya yummy dan gampang diolah, bihun juga mempunyai beberapa kelebihan lain.

1. Bebas gula
Karena berbahan dasar air dan pati, bihun tidak mengandung gula. Hal ini baik bagi penderita diabetes.

2. Bebas lemak
Bihun telah terbukti tidak mengandung lemak jahat. Bagi Anda yang sedang menjalani jadwal diet, bihun sanggup menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat.

Kenali Apa Itu Bihun dan Cara Mengolahnya yang EnakFoto: iStock

3. Serba guna
Rasa dan tekstur bihun yang cenderung netral membuatnya cocok dengan banyak sekali hidangan. Mulai dari menu gurih sampai manis, sanggup Anda buat dengan bihun.

Baca juga: Resep Mie: Glass Noodle Salad with Chicken and Shrimp

Berbagai negara terutama di wilayah Asia mengolah bihun dengan banyak sekali cara. Diantara menu yang beragam, berikut menu terkenal yang sanggup Anda coba buat di rumah.

1. Sup bihun ayam
Sajian berkuah menyerupai sup ampuh hangatkan badan. Kalau bosan sup ayam biasa, tambahkan saja bihun biar rasanya makin enak. Ada juga perhiasan daging ayam, wortel, dan sawi sehingga nutrisinya lebih komplet. Resep sup bihun ayam sanggup diintip di sini.

Kenali Apa Itu Bihun dan Cara Mengolahnya yang EnakFoto: iStock

2. Rujak bihun jagung
Rujak tidak selalu harus buah. Rujak bihun yang satu ini pedas, sedikit asam dan gurih. Cocok buat disajikan sebagai menu pembuka. Yuk, intip resepnya ini.

3. Sup bihun oyong
Yang juga jadi favorit banyak orang ialah sup bihun oyong. Sajian berkuah gurih ini berisi oyong dan ebi. Jangan lupa ditambahkan bawang merah goreng dan bawang iris halus. Resepnya ada di sini.

Artikel Terkait

Kenali Apa Itu Bihun Dan Cara Mengolahnya Yang Enak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email