Thursday, March 14, 2019

Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap Dari Bandung

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Seblak selalu masuk ke dalam daftar makanan pedas favorit. Diracik dari kerupuk, ditambah dengan bumbu kencur dan sambal pedas, rasanya semakin lezat dan nagih.

Jajanan terkenal yang satu ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Seblak menyerupai dengan makanan dari kawasan Sumpiuh, di Jawa Tengah, yang diberi nama Krupuk Godog. Meski sama-sama memakai materi dasar kerupuk basah, tapi racikan bumbunya berbeda.

Baca Juga: Seblak Khas Bandung Berkuah Pedas dengan Isi Ceker Ayam
Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap dari BandungFoto: dok. detikFood
Seblak asal Bandung, kaya akan bumbu kencur atau cikur yang kuat. Bumbu kencur ini menghasilkan aroma dan rasa unik, yang berpadu tepat dengan ulekan sambal pedas. Jajanan ini terkenal semenjak tahun 2000an, biasanya dijual memakai gerobak, dengan harga murah. Tapi sekarang seblak sudah jadi makanan kekinian, yang disediakan di kafetaria tempat nongkrong sampai restoran.

Dulu seblak variannya terdiri dari dua macam, ada seblak berair yang disajikan dengan kuah pedas. Lalu ada seblak kering, yang disajikan tanpa kuah tapi teksturnya tetap basah.

Bahan-bahan yang biasanya dipakai untuk menciptakan seblak ada kerupuk kanji, telur, kencur, bawang merah dan putih, cabai rawit, sampai garam. Cara membuatnya terbilang mudah, cukup rendam kerupuk pada air panas, kemudian biarkan sampai mengembang dan tiriskan.
Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap dari BandungFoto: dok. detikFood/Istimewa
Setelah itu haluskan semua bumbu menyerupai kencur dan bawang, kemudian tumis bumbu sampai wangi. Lalu masukan kerupuk, dan tambahkan telur kocok biar menjadi telur orak-arik. Biasanya banyak orang yang menambahkan sambal merah biar rasa seblak semakin pedas.

Banyak juga yang menambahkan sisa tulang ayam, biar kuah seblak lebih terasa kaldu gurihnya. Meski dulu materi utamanya hanya kerupuk saja, tapi sekarang varian dan toppingnya semakin banyak sejalan dengan popularitas seblak yang meroket.

Kini toppingnya ada kerupuk kuning, bakso, makaroni, kikil, kwetiau, otak-otak, mie, siomay, batagor, cuilan daging ayam, sampai ceker. Bahkan terdapat juga topping seblak unik, menyerupai lobster utuh, keju mozarella, cilok, kerang, sampai seblak rasa mie instan Korea.

Salah satu gerai seblak yang paling hits dan terkenal ada Seblak Jeletet Murni. Gerai seblak yang berlokasi di wilayah Pademangan, yang menjadi aktivis seblak di Jakarta. Untuk merasakan seblak di sini, pengunjung harus rela mengantre selama berjam-jam.
Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap dari BandungFoto: Istimewa
Baca Juga: Seblak Jeletet Murni: Antre 2 Jam Demi Mencicip Seblak Super Pedas di Pademangan

Di sini terkenal dengan hidangan seblak super pedas, dengan aneka topping. Seperti kerupuk, mie, kwetiau, makaroni, kikil, bakso, tulang dan juga ceker. Setiap isian dibandrol dengan harga Rp 7.000 - Rp 8.000. Ada juga topping sayap ayam (Rp 6.000) dan telur (Rp 4.000). Lengkap dengan pilihan level pedas sesuai selera.

Nah, bagi yang malas mengantre atau tertarik mencoba menciptakan seblak sendiri di rumah, ternyata caranya cukup gampang. Ada resep berisi materi dan cara menciptakan seblak pedas Istimewa ala detikFood yang sanggup diikuti.
Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap dari BandungFoto: dok. detikFood
Bahan:
2 sdm minyak sayur
2 sdm cabai merah giling
2 siung bawang putih parut
500 ml air
2 sdm kerupuk aci rebus
5 buah otak-otak rebus
50 g makaroni rebus
5 buah siomay rebus
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 butir telur ayam, kocok

Cara membuat:

• Tumis cabai merah dan bawang putih sampai amis dan matang.
• Tuangi air, didihkan.
• Masukkan kerupuk, otak-otak, makaroni dan siomay, didihkan.
• Bumbui dengan garam, merica dan gula kemudian didihkan.
• Tuangkan telur, aduk sampai kental.
• Angkat dan sajikan hangat.

Untuk 2 orang.

Baca Juga: Resep Buka Puasa : Seblak Super Spesial



Artikel Terkait

Seblak Pedas Aneka Topping, Jajanan Kekinian Sedap Dari Bandung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email