Friday, January 11, 2019

Ternyata Ini Asal Permintaan Nama Hot Dog Sampai California Roll

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Nama makanan rupanya didapat dengan cara unik. Ada yang berawal alasannya yaitu ketidaksengajaan, namun ada pula yang merupakan kata plesetan. Apa saja makanan yang dimaksud?

Pernah berpikir kenapa hot dog dinamai 'hot dog' atau kentang goreng disebut 'French fries' padahal asalnya dari Belgia. MSN (10/1) merangkum fakta-fakta unik ihwal nama makanan menyerupai berikut.

Baca Juga: 7 Nama Makanan Paling Sering Salah Diucapkan

1. French toast

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

French toast punya nama lain "pain perdu" yang berarti "roti yang hilang." Nama ini merujuk pada materi pembuatan French toast yaitu roti yang hampir basi. Ada banyak asal-usul nama French toast, namun kabarnya resep hidangan ini ada di buku masak Romawi kala ke-4.

Resep orisinil French toast ditulis dengan isyarat jelas. "Potong-poton roti putih, singkirkan pinggirannya, menjadi kepingan besar yang direndam di susu dan telur kocok, panggang di minyak, beri topping madu dan sajikan." Meski terdengar sederhana, French toast kabarnya jadi sajian glamor zaman dulu alasannya yaitu bahan-bahan membuatnya yang mahal.

2. Club sandwich

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

Tampilan club sandwich begitu khas dengan bacokan di tengah mengapit isian roti yaitu selada, daging ayam, dan bacon. Nama 'Club' pada sandwich ini disebut-sebut sebagai kependekan 'Chicken, lettuce under bacon.' Bahan-bahan itu memang umum dijadikan isian club sandiwch.

Adalah The Saratoga Club House dan The Union Club di New York yang sama-sama mengklaim temukan sajian ini sekitar tahun 1800. Nama sajian ini muncul di beberapa buku masak dengan nama "Club-House Sandwich."

3. French fries

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

Kentang goreng atau French fries bukan berasal dari Prancis. Sajian renyah gurih ini disebut-sebut berasal dari Belgia dan sudah ada semenjak awal tahun 1600-an. Lalu mengapa ada kata French?

Kata 'French' rupanya disematkan para tentara Amerika yang sedang ada di Belgia pada masa Perang Dunia I. Mereka menyebut 'French' alasannya yaitu tentara Belgia yang juga ada di sana menggunakan bahasa Prancis untuk berkomunikasi. Sementara kata 'Fries' merujuk para proses pembuatan kentang yang digoreng.

4. S'mores

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

S'mores yang legit cantik diperkenalkan para pramuka wanita Amerika Serikat di tahun 1920-an. Camilan ini terdiri dari biskuit graham cracker yang mengapit marshmallow.

Resep S'mores kabarnya muncul pertama kali tahun 1927, dalam buku berjudul "Tramping and Trailing with the Girl Scouts" yang dipublikasikan Girl Scouts. Dulu nama kudapan ini yaitu 'Some More' alasannya yaitu banyak konsumen suka dan menginginkannya lagi dan lagi. Perlahan kata 'S'more' pun muncul sebagai singkatan 'Some More.'

5. Hot dog

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

Hot dog yang memadukan roti sandwich dengan isian sosis begitu terkenal di dunia. Di Jerman, sosis yang menjadi isiannya disebut "dachshund" atau "little-dog" yang mengingatkan orang Jerman akan bentuk anjing kecil memanjang menyerupai sosis.

Seseorang kemudian melihat nama hot dog sebagai sajian yang dijual penjaja makanan sekitar tahun 1901 di Jerman. Rupanya penjual tak sanggup menyebut "dachshund" kemudian menulisnya hanya dengan "hot dog." Teori lain menyebut nama hot dog yaitu candaan untuk menyebut asal daging yang digunakan untuk menciptakan sosis.

6. Fettucine Alfredo

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

Asal-usul nama pasta creamy ini sederhana, diambil dari pembuatnya Alfredo. Di tahun 1914 ia berusaha masak pasta untuk istrinya semoga semangat makan ketika hamil anak kedua. Ia menggunakan materi menyerupai keju Parmigiano, mentega, dan heavy cream.

Rupanya sang istri sangat suka kreasi pasta itu. Alfredo yang mempunyai restoran pun memasukkan pasta buatannya sebagai sajian restoran. Fettucine Alfredo kesudahannya terkenal sampai ke seluruh dunia.

7. California Roll

Ternyata Ini Asal Usul Nama Foto: Istimewa

Bukan dari Jepang, California Roll yaitu kreasi sushi yang diciptakan di Amerika Serikat. Klaim yang umum ditemui yaitu chef Ichiro Mashita di Tokyo Kaikan menciptakan sajian ini ketika bekerja untuk restoran Jepang di Los Angeles.

Karena tuna sulit didapat kala itu, Mashita menggunakan alpukat, dan kepiting untuk menghadirkan rasa seafood. Nama California pun dipilih alasannya yaitu ia ketika itu berada di California.

Baca Juga: Hii Seram! 5 Makanan Ini Pakai Nama Setan

Artikel Terkait

Ternyata Ini Asal Permintaan Nama Hot Dog Sampai California Roll
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email