Thursday, December 13, 2018

Pak Ganjar Pranowo, Ini Resep Bikin Sayur Oblok-Oblok Yang Enak!

Foto: InstagramFoto: Instagram

Jakarta - Lewat instagram pribadinya, Ganjar Pranowo mengunggah video dikala makan sayur oblok-oblok. Namanya yang unik menciptakan orang tertarik dan penasaran. Sayur apa ya?

Warung Bu Yanti yang ada di Semarang menjadi tujuan Gubernur Jawa Tengah ini. Di sini Ganjar menjelaskan ia sedang makan siang dengan sajian sepiring nasi putih, sayur oblok-oblok, peda dan ikan pindang.
Pak Ganjar Pranowo, Ini Resep Bikin Sayur Oblok-oblok yang Enak!Foto: Instagram

Baca juga : Aksi Ganjar Pranowo Saat Berburu Tengkleng hingga Ngulek Sambel

"Siapa yang tahu sayur oblok-oblok? Apa saja bumbunya?" tulis Ganjar pada keterangan video yang gres saja diunggahnya.

Pertanyaan Ganjar lewat captions fotonya ini lantas mengundang banyak reaksi netizen. Ada yang tak tahu bahannya, ada yang menyebutkan materi baku hingga bumbunya hingga hingga ada yang mencantumkan resep lengkap sayur khas Jawa Tengah ini.

"Ibuku yang tahu bahannya pak," kata satu netizen.

"Sayur oblok-oblok bahaannya daun singkong, kelapa parut, bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabe," sahut netizen lain sambil menjelaskan.
Pak Ganjar Pranowo, Ini Resep Bikin Sayur Oblok-oblok yang Enak!Foto: Instagram

Sayur oblok-oblok ini memang jadi santapan sehari-hari kebanyakan masyarakat di Jawa Tengah. Bahan utamanya ada daun singkong yang dimasak bersama ikan teri dan kelapa parut.

Beberapa orang sering menambahkan serpihan tempe dan pete cina. Beragam bumbu juga ditambahkan dalam sayur ini antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur, ketumbar dan cabe.

Selain daun singkong, biasa digunakan daun bayam, daun katuk atau kangkung. Kadang juga ditambah dengan labu siam dan kacang panjang.

Untuk memasak sayur oblok-oblok, daun singkong harus direbus terlebih dulu hingga empuk lalu ditiriskan dan diiris kasar. Setelah itu barulah semua materi dimasak bersama hingga matang.
Pak Ganjar Pranowo, Ini Resep Bikin Sayur Oblok-oblok yang Enak!Foto: Instagram

Baca juga : Takut Ditenggelamkan Menteri Susi, Ganjar Pranowo Kirim Mangut Ikan Manyung

Sayur oblok-oblok ini paling lezat disantap hangat-hangat. Rasanya gurih asin dan sedikit pedas. Tapi yang disantap Ganjar ini sepertinya punya rasa pedas menyengat. Ini terlihat dari verbal kaget Ganjar usai menyeruput kuah sayur ini.

Nah, apakah Anda salah satu orang yang pernah mencicip sayur oblok-oblok? Atau justru tertarik mencoba menciptakan sayur ini di rumah?

Artikel Terkait

Pak Ganjar Pranowo, Ini Resep Bikin Sayur Oblok-Oblok Yang Enak!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email