Tuesday, February 26, 2019

Resep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit

Resep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit/Foto: Dok. detikFoodResep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit/Foto: Dok. detikFood

Jakarta - Kreasi ayam goreng ada banyak versinya. Yang dikala ini terkenal yakni ayam penyet dan ayam geprek dengan limpahan sambal super pedas.

Ayam penyet yakni masakan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Berupa ayam goreng yang dihancurkan atau dipenyet dengan lembut kemudian disajikan dengan sambal, irisan mentimun, dan banyak sekali lalapan lain.



Ayam penyet kini gampang ditemui di kota-kota besar di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Banyak warung makan, rumah makan, sampai restoran mengatakan ragam kreasi ayam penyet sebagai sajian andalan.

Yang terkenal dari ayam penyet yakni sambal super pedas sebagai komplemen ayam goreng gurih. Biasanya terdiri dari adonan cabai, bawang merah, tomat, bawang putih, jeruk nipis, dan lainnya. Ulekan sambal ini selanjutnya dihidangkan bersama daging ayam yang sudah dipenyet sampai lembut.

Uniknya banyak daerah makan mengatakan banyak sekali tingkat kepedasan sambal ayam penyet. Ada yang pedasnya standar dengan sedikit cabai, namun ada pula yang super pedas dengan tambahan puluhan cabe rawit.



Meski terdengar menyeramkan, nyatanya banyak orang tertarik dengan ayam penyet super pedas. Mereka tertantang menghabiskan ayam goreng lembut dengan lumuran cabe rawit tersebut.

Selain enak, ayam penyet juga jadi favorit alasannya yakni harganya relatif murah alias terjangkau. Rata-rata dibanderol di bawah Rp 20.000 sudah termasuk nasi hangat.

Resep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng FavoritResep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit/Foto: Dok. detikFood


Ayam penyet tidak jauh berbeda dengan ayam geprek. Hanya saja bumbu dan proses pembuatannya sedikit berbeda.

Ayam geprek lebih merujuk pada hidangan ayam goreng tepung yang diulek bersamaan dengan sambal. Ayam geprek sanggup dibilang sebagai hidangan cepat saji yang mempunyai citarasa khas nusantara.

Selain versi original, ayam geprek sekarang tersedia dengan tambahan keju. Makin yummy alasannya yakni kejunya berupa lelehan dengan paduan sambal rawit tadi.

Untuk sambal ayam penyet atau ayam geprek bekerjsama tidak ada hukum baku. Semuanya sanggup diracik sesuai selera. Hanya saja ada penggunaan materi umum menyerupai bawang merah, bawang putih, cabai, dan beberapa materi lain.

Jika ingin mencoba resep ayam penyet yang mudah, enak, dan sederhana Anda sanggup mencoba resep ayam penyet sambal mangga dari detikFood. Ayam penyet ini menggunakan sambal berbahan utama serutan halus mangga muda. Bahan lainnya ada cabe merah, cabe rawit, terasi, dan tomat hijau.

Artikel Terkait

Resep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email